Aksi Peduli Lingkungan, Koramil 1902/Plered dan Warga Bersatu Bersihkan Selokan


Reksaradio.com
- Bersama puluhan masyarakat Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Personel Koramil 1902/Plered, Kodim 0619/Purwakarta melaksanakan bakti pembersihan lingkungan pemukiman, Pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Pembersihan ini, menyasar pada drainase atau selokan yang tertumpuk sampah organik. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah banjir pada musim penghujan seperti saat ini.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1902/Plered, Kapten Arm Witopo mengatakan, tujuan bakti ini membantu dan mendukung program pemerintah daerah dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan warga.

Selain itu, kata dia, bakti ini juga merupakan upaya pencegahan terhadap bencana banjir karena belakangan ini hujan deras terus terjadi.

“Untuk itu, tindakan pencegahannya kita membersihkan selokan yang ada di desa agar tidak mengalami banjir,” kata Witopo, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Witopo mneybut, dalam kegiatan gotong royong ini, kita membersihkan rumput yang sudah tinggi dan membersihkan sampah yang sudah menumpuk disaluran air/selokan.

“Gotong royong yang kita lakukan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan asri disekitar pemukiman warga,” ujarnya.

Witopo mengarahkan, aksi itu sebagai bentuk kepedulian TNI, khususnya Koramil 1902/Plered pada lingkungan, sekaligus menjadi teladan bagi masyarakat agar mau terjun ke sungai, saluran air, dan selokan membersihkan sampah.

"Lebih dari itu, untuk menggugah kesadaran warga agar tak buang sampah di aliran sungai. Ini menggiatkan antisipasi banjir dan nyamuk,” pungkasnya.