News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

DPPKB Purwakarta Terima Kunjungan Komisi IV DPRD Karawang, Ini yang Dibahas

DPPKB Purwakarta Terima Kunjungan Komisi IV DPRD Karawang, Ini yang Dibahas


Reksaradio.com
- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat

Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang, yang dipimpin oleh Perwakilan Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang.

Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat melalui Sekretaris DPPKB, Alit Sukandi mengatakan, kunjungan kerja DPRD Karawang ini dalam rangka melakukan konsultasi dan koordinasi terkait program-program DPPKB yang dapat disinergikan dengan program kerja Pemkab Karawang khususnya dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami sama-sama sharing untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan Progam Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana)," ujarnya, pada Rabu 6 Oktober 2021.

Alit berharap, semoga dengan adanya pertemuan ini dapat semakin memperkuat sinergi Pemkab Karawang dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Karawang.

"Di DPPKB Kabupaten Purwakarta ada banyak Program yang disinergikan dengan program daerah diantaranya Program SSK (Sekolah Siaga Kependudukan), Program Ketahanan Keluarga melalui Kelompok Tribina, BKB, BKR dan BKL, Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui Kelompok UPPKS, Program GENRE, PIK-R dan PUP, Program Orang Tua Hebat dan 1000 HPK," ucap Alit.

Selain itu, sambung dia, ada juga terkait pola pengasuhan Anak, Program Pembangunan Masyarakat di Kampung KB khususnya Penanganan Stunting dan Rumah Dataku.

"Namun kondisi saat ini, sejumlah kelompok kegiatan BKB, BKL, BKR dan UPPKS terkendala dengan minimnya dana operasional kelompok khususnya bagi kader untuk itu diharapkan dana operasional (BOKB) untuk di optimalkan penggunaannya dalam mendukung pelaksanaan kegiatan tentunya juga didukung APBD," ungkapnya.

Diketahui, peserta KB Aktif di Kabupaten Purwakarta pencapaian hingga 80,25 persen, capaian peserta KB Baru 92,76% sampai dengan Bulan Agustus Rata-rata seorang ibu melahirkan anak masa suburnya, TFR 2,67 dan sedangkan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,93 persen.

"Alhamdulillah dengan berbagai terobosan kegiatan dapat tercapai hasil yang membanggakan," jelasnya.

Sementara, Perwakilan Komisi IV DPRD Karawang, Indri, mengatakan kunjungan kerja ini dalam rangka melakukan konsultasi dan koordinasi terkait program-program DPPKB yang dapat disinergikan dengan program kerja Pemkab Karawang khususnya dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang sangat merespon adanya grand desigen pembangunan kependudukan di Kabupaten Purwakarta," ucap Indri.

Dirinya, berharap ini dapat dikembangkan dan dijadikan pedoman dalam perencanaan pembangunan daerah.

"Mungkin ini yang bisa kami petik dan kami terapkan di Kabupaten Karawang. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pembelajaran kedepan," singkatnya. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment