Kolaborasi Drive X Pusakata "Djiwa Moeda"


Musik, ReksaRadio.com - Tidak terasa sudah 15 tahun, Band DRIVE mewarnai dunia musik Indonesia dengan lagu-lagu hits-nya. Walaupun sempat vakum dan bergonta-ganti vokalis, DRIVE yang kini terdiri dari Rizki (Vocal), Budi (Guitardan Dygo (Bass), tetap konsisten mengeluarkan karya-karya baru.

Yang terbaru adalah DRIVE membuat sebuah karya kolaborasi bersama musisi handal, PUSAKATA, yang berjudul “Djiwa Moeda”. Ide berkolaborasi dengan Pusakata, sudah lama dipikiran Budi, sang gitaris. “Lagu ini kayaknya lebih cocok kalo gue ajak salah satu orang yang memiliki keunikan dalam bermusik. Kebetulan gue lagi banyak kerjasama dengan Muhammad Istiqomah atau Is, atau yang sekarang dikenal dengan nama Pusakata. Gue ajak Is, bukan hanya bernyanyi, tapi karena dia juga seorang gitaris’, ucap Budi soal kolaborasi dengan Pusakata.

Djiwa Moeda” yang diciptakan oleh Budi dan Dygo ini adalah sebuah lagu yang memiliki pesan positif dan dihadirkan dengan tempo musik yang membangkitkan semangat. “Lagu ini bercerita bahwa semua orang itu harus menjaga semangatnya untuk bisa hidup dengan energi yang baik, dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan semangat jiwa muda, yang fresh, kita bisa kreatif terus dalam menjalani hidup dan tidak cengeng dalam menghadapi masalah”, jelas Dygo tentang lagu ini.

Kehadiran Pusakata di lagu ini memang memberi warna tersendiri. Permainan gitar yang apik dari Pusakata, memberi rasa yang berbeda di lagu dengan tempo upbeat ala DRIVE ini. Hal ini juga dirasakan oleh para personil DRIVE. “Proses rekaman berlangsung seru banget. Karena di lagu ini ada 2 instrumen gitar dan 2 vokal dengan karakter yang berbeda. Intronya juga ada 2 suara gitar, gitar gue dan gitar-nya Pusakata.’, ujar Budi.

“Dari dulu DRIVE selalu menyajikan hal baru dan menarik dalam segi musik. Itu kenapa saya bilang drive adalah band keren yang enggak boleh berhenti berkarya. Semangatnya terus ada, termasuk di lagu ini. Kali ini pilihan kita untuk berkolaborasi dengan Pusakata, karena kita ingin memberikan musik DRIVE yang lebih berwarna”, tambah Rizki, sang vokalis.

Penggarapan lagu ini tidak memakan waktu lama, DRIVE melakukan proses rekaman lagu di Studio Renoz, Pondok Bambu. Dan aransemen dikerjakan oleh para personil DRIVE dan dibantu oleh Sound Engineer, Lulud Pambudi. “Banyak yang bilang lagu ini agak beda dengan lagu-lagu DRIVE sebelumnya. Tapi mungkin orang banyak yang tidak terbiasa dengan lagu-lagu kencengnya DRIVE aja sih. Karena sebenarnya di album awal DRIVE banyak lagu seperti itu. Cuma untuk lagu ini, karena judulnya Djiwa Moeda yah, jadi enggak mungkin dibuat dengan musik mellow. Mungkin juga bisa jadi sesuatu yang baru, karena baru di lagu ini kita mendengarkan Pusakata bernyanyi dalam musik yang temponya seperti ini”, ucap Dygo.

Bagi DRIVE terus membuat karya adalah salah satu kunci menjaga eksistensi di dunia musik Indonesia. Terlepas banyak yang suka atau tidak, itu adalah pilihan bagi yang mendengarkan karya mereka. Namun DRIVE berkomitmen untuk tetap menyampaikan karya dengan sepenuh hati dan menyampaikan dengan pesan yang positif .  “Mudah-mudahan orang-orang yang mendengarkan lagu ini bisa memiliki perasaan yang sama saat mendengarkannya. Untuk selalu memiliki semangat besar dalam hidup, meskipun umur terus bertambah. Semoga semua orang bisa ingat lagi kalo kita masih bisa bersenang-senang walaupun sudah tua”, tutup Rizki