News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Melindungi Akun Instagram dari Penguntit

Cara Melindungi Akun Instagram dari Penguntit


Tekno, ReksaRadio.com | Bermain media sosial seperti Instagram kita tanpa sadar membagikan informasi data privasi di dalam bio. Dengan data tersebut bisa saja oknum tertentu memakai untuk tindak kejahatan.


Nah, untuk melindungi privasi di Instagram anda bisa sesederhana mengungi akun atau merubah profil menjadi "private".


Akan tetapi, sebenarnya Instagram menyelipkan fitur-fitur lain yang berguna untuk menjaga keamanan akun. Berikut dilnasir dari detik.com cara menjaga akun anda diantaranya :

1. Merubah Profil Menjadi "private":


Mengatur akun anda menjadi private adalah hal paling sederhana yang dapat anda lakukan untuk melindungi keamanan akun. Ini berarti, ke depan, tidak ada yang bisa melihat foto atau Instastory anda kecuali anda menyetujuinya.

Setelah akun anda private, orang baru yang mengunjungi profil anda hanya akan melihat nama dan gambar profil saja. Namun, ketika mereka meminta untuk mengikuti anda, dan anda mengkonfirmasi permintaan. Barulah mereka dapat melihat foto atau cerita Anda.
Caranya ; Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Privacy > Account Privacy > pilih Private Account.


2. Melindungi Instagram Stories


Instagram secara otomatis memang memungkinkan anda membatasi siapa penggunaan fitur ini selama 24 jam, kemudian postingan Instastory akan terhapus. Namun anda juga dapat mengatur siapa saja yang bisa tidak melihat cerita anda di dalam fitur ini untuk semakin menjaga privasi.


Caranya ; Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Privacy > Story > Hide Story From.


Selain itu, anda juga bisa memakai fitur mode "Close Friend" yang nantinya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat dan tidak terbuka untuk umum.


Caranya ; Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Privacy > Story > Close Friends.


3. Blokir Akun Seseorang

Ketika anda merasa risih dengan seseorang yang selalu menguntit atau stalking akun Instagram anda. Anda bisa langsung memakai fitur blokir, jika memang anda tidak mengunci akun ke private.


Caranya ; Pergi ke akun seseorang yang ingin diblokir > ketuk tanta titik tiga di pojok kanan atas > Block.


4. Buat Akun Anda Sulit Ditemukan


Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat akun Instagram anda sedikit lebih sulit ditemukan.


Pertama, Anda dapat berhenti mengirim kontak anda ke Instagram. Anda mungkin telah memberikan akses Instagram ke kontak anda pada awalnya untuk membantu menemukan teman anda saat mendaftar, tetapi itu berarti Instagram tahu siapa yang ada di buku telepon Anda.


Caranya mematikannya ; Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Account > Contacts Syncing > nonaktifkan Connect Contacts.


Anda juga dapat menghentikan Instagram agar tidak menyarankan akun anda kepada orang lain. Ini terjadi ketika seseorang mengikuti akun baru. Nantinya Instagram akan menampilkan akun yang diyakini "mirip", yang dapat anda kelompokkan. Anda tidak dapat mengubah ini menggunakan aplikasi seluler Anda.


Cara mematikannya : Masuk ke situs web Instagram > buka profil Anda > pilih tombol "Edit Profil" > Hapus centang opsi terakhir Similar Account Suggestions.


Terakhir, ada baiknya memeriksa untuk melihat apakah ada posting Instagram anda yang muncul dalam pencarian Google.


Secara otomatis sebenarnya Instagram tidak membiarkan Google menemukan foto Anda, tetapi jika anda pernah masuk ke aplikasi web pihak ketiga mungkin saja situs tersebut menampilkan profil Anda dan mempostingnya untuk dilihat semua orang.

Jika satu atau lebih dari postingan anda muncul dalam pencarian Google, langkah pertama untuk menghilangkannya adalah dengan memotong akses aplikasi pihak ketiga ke akun Instagram anda.


Caranya : Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Security > Apps and Websites > Active > hapus aplikasi pihak ketiga jika ada.


5. Buat Akun Anda Tidak Terlihat


Satu hal besar yang dapat nda lakukan adalah mematikan status aktivitas anda sehingga orang tidak dapat melihat ketika Anda sedang online. Namun jika anda menggunakan fitur ini, sebaliknya, anda tidak bisa melihat akun seseorang bila online.


Caranya : Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Privacy > Activity Status > nonaktifkan Show Activity Status.


Anda mungkin juga ingin meninjau foto yang ditandai dengan akun anda, sebelum foto tersebut diposting ke profilnya.


Caranya : Pergi ke profil Instagram > ketuk tanda garis tiga di pojok kanan > Settings > Privacy > Tags > aktifkan Manually Approve Tags.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment