Sabtu Kasih di Purwakarta, Upaya Koramil 1905/Jatiluhur Menunjukkan Hidup Harmonis di Tengah Keberagaman


Reksaradio.com
- Berbagai upaya dilakukan Kodim 0619 dalam menjalin silaturahmi serta meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat, salah satunya dengan menggelar kegiatan Sabtu Kasih.

Seperti yang dilakukan Koramil 1905/Jatiluhur Kodim 0619/Purwakarta memberikan teladan yang baik tentang toleransi antar umat beragama, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1905/Jatiluhur Kapten Arm Deni K, menjelaskan mengusung tema Sabtu Kasih dengan melibatkan warga sekitar dan pengurus Persit KCK Ranting 6 Koramil Jatiluhur, mereka melakukan pembersihan rumah peribadatan di wilayah Kecamatan Jatiluhur.

"Adapun lokasi tempat ibadah yang menjadi sasaran bersih-bersih adalah Gereja Kristen Pasundan yang berada di RT 06/RW02 Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta," ucap Deni, pada Sabtu, 18 November 2023.

Ia mengungkapkan bahwa dalam kegiatan Sabtu Kasih Sayang ini merupakan bentuk toleransi dan saling menghargai antar umat beragama.

Selain itu, menurut Deni, Sabtu Kasih ini merupakan bukti nyata bahwa di Kabupaten Purwakarta, khususnya di wilayah Koramil 1905/Jatiluhur bisa hidup berdampingan secara harmonis meski berbeda keyakinan.

“Kami ingin masyarakat tahu bahwa di sini antar umat beragama bisa saling menghargai dan menghormati, kami berharap apa yang kami lakukan bisa diikuti oleh seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Purwakarta, wabil khusus wilayah binaan Koramil 1905/Jatiluhur," ungkap Kapten Arm Deni.