Miliki Segudang Keunggulan, Google Classroom untuk Belajar


Reksaradio.com
- Dengan munculnya pemberlakuan aturan work from home ini ditengarai sejak adanya pandemi Covid-19 melanda. Tentunya
, bagi para pelajar juga mahasiswa ikut melakoni secara SFH alias Study From Home.

Hal demikian, tak lantas menghentikan prosesnya belajar-mengajar. Yakni, melalui sistem belajar online atau dalam jejaring. 

Tentunya, para pendidik dituntut sedemikian kreatif agar mampu memberikan pelajaran bagi sang murid.

Dengan kenyataan diatas, untuk solusi kekinian belajar dirumah ialah melalui platfrom Google Classroom. 

Kabarnya dengan aplikasi ini cukup tangguh untuk mendukung proses pembelajaran, antara sisiwa dengan gurunya. 

Tentunya Kalian penasaran bagaimana cara kerja sisitm besutan monster teknologi ini?

Memiliki Metode Belajar Unik serta Menarik

Sebagai antisipasi penyebaran virus, m
etode belajar dalam jaringan dinilai booming ketika wabah Corona ini menyerang, solusi ini dinilai cukup efektif. 

Dengan Classroom Google, baik pendidik maupun siswa merasa begitu terbantu ketika harus mengerjakan tugas yang diberikan.

Tujuan Dan Cara Kerja

Dengan diluncurkannya aplikasi ini tentunya ialah mendukung mobilitas pembelajaran. Melalui Platform satu ini, pendidik tak perlu hadir secara nyata di dalam kelas. Namun tetap mampu menyampaikan materi kepada peserta didiknya terutama pada siswa.

Sistem cara kerja aplikasi ini ialah dengan mengkolaborasikan Google Drive. Yakni, sebagai metode pembuatan serta pendistribusian job description, sheets, Google Docs, Gmail, google calendar hingga yang lainnya. 

Nantinya, para siswa bakal diinvite dengan kode personal atau otomatis diimpor oleh domain sekolah mereka.

Dengan ruang ini interaksi dunia pendidikan dapat berlangsung sesuai rencana si pengajar. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya berbagi tugas, file hingga kegiatan belajar lainnya segara online. 

Sehingga para guru atau pendidik akan lebih gampang melakukan pemantauan proses belajar untuk siswa mereka.

Tujuan utamanya sebagai sistem belajar dengan media online, tentunya aplikasi ini mempunyai sederet keunggulan. Nah, berikut rinciannya;

1. Hemat Waktu Dan Efektif

Keunggulan pertama classroom google ini ialah hemat waktu serta efektif. Siswa tak perlu lama mengunduh tugas yang diberikan oleh guru. 

Secara otomatis mereka bisa login melalui Google Drive dan berbagi tugas. Guru juga lebih gampang dalam melakukan ssjumlah penilaian terhadap hasil belajar siswa yang mereka berikan.

Pembelajaran seperti ini dianggap cukup efektif. Sebab, baik murid maupun guru dapat secara langsung dapat berbagi komentar layaknya sedang bertatap muka. Sehingga penjelasan dirasa semakin lengkap dan dapat diterima.

2. Meningkatkan Komunikasi Dan Kerjasama

Kolaborasi belajar online ini tak hanya membantu para guru dan murid. Namun dapat meningkatkan pola sistem kerjasama hingga komunikasi yang ada. 

Terlebih, guru juga dapat secara cepat mengirimkan pemberitahuan terkait kegiatan belajar mengajar bagi para siswanya. Selain itu, siswa juga dapat menyimak guru ketika terdapat diskusi yang tengah diluncurkan.

Ketika terjadi kesulitan, maka hal ini secara otomatis mampu mengembangkan kerja sama diantara guru dan para siswa. 

Dengan implikasinya, Google Classroom bakal memberikan sejeumlah keuntungan dalam hal pengalaman serta keterampilan partner belajar mereka.

3. Setting kelas Instan Namun Nyaman

Dengan melalui aplikasi Classroom Google, akan ada kelas instan tanpa bertatap muka. Selain dianggap praktis tidak ribet, kelas dalam jaringan ini juga terbukti mumpuni. Terlih, fitur berupa interfacenya lebih simpel serta mudah dipahami oleh para penggunanya.

4. Pemusatan Data Tersimpan

Ketika kesulitan unduh download materi belajar yang sering dikeluhkan siswa, kini telah ada solusinya. Dengan Classroom Google secara khusus mampu memusatkan beragam bentuk file kedalam satu pusat data. 

Selain itu, Google menyimpannya sebagi eLearning beserta kegiatan tahun ajaran dengan metode Cloud yang ringan. Bahkan, sistem ini dikenal aman, sehingga tak perlu cemas jika data bakal menghilang.

Fitur Unik dengan Kecanggihannya

Dengan memberikan sejumlah pengalaman cukup berbeda, monster teknologi ini dinilai mampu diandalkan. 

Selain itu, fitur kerennya juga bisa dimanfaatkan secara optimal. Nah, bagi Kalian yang masih penasaran, berikut fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan;

1. Arsip Pembelajaran

Fitur ini membuka peluang untuk mengarsipakan setiap kursus yang telah diberikan oleh para pendidik. Layanan ini secara otomatis membuat file bakal dihapus melalui beranda. Serta ditempatkan pada area Kelas Arsip guna membantu guru untuk mengatur kelas yang ada. 

Ketika semua dokumen telah diarsipkan, baik siswa maupun guru tetap dapat melihatnya. Namun, jika ingin mengeditnya/merubahnya harus dipulihkan terlebih dahulu.

2. Aplikasi seluler

Google Classroom telah tersedia untuk perangkat Android juga sistem IOS. Para pengguna dapat dengan mudah mengambil gambar maupun foto, melampirkannya hingga berbagi tugas, meski dalam keadaan offline sekalipun.

3. Tugas (Assignments)

Dalam fitur ketiga ini kamu dapat lebih leluasa menyalin, mengedit hingga mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. Terlebih lagi, kamu bisa memilih untuk mencantumkan lampiran file tambahan melalui drive ke tugas yang telah disediakan.

4. Penilaian (Grading)

Aplikasi Classroom Google secara penuh mendukung beragam cara penilaian yang berbeda dari biasanya. 

Hal ini dilakukan demi kemajuan para siswa dalam belajar, khususnya melalui sejumlah aktivitas seperti mengedit hinga berkomentar.

Tugas yang telah dinilai dapat dikembalikan lagi melalui komentar, sehingga murid bisa lekas merevisinya jika ada yang perlu diperbaiki. Namun, secara otoritas pengeditan hanya bisa dilakukan oleh guru, terkecuali filenya dikirim kepada sang siswa.

5. Keamanan Personal

Untuk keunggulan nomor lima ini banyak disukai penggunanya. Pasalnya, tak ada tampilan iklan apapun melaui sistem interface ini. Sehingga, data para pengguna tak akan dipindai untuk kepentingan iklan.

6. Laporan Originalitas

Pada tahun 2020 f
itur ini telah diluncurkan, yang tentunya masih fresh dan belum lama dikenalkan. Dengan layanan ini memungkinkan pendidik juga siswa guna melihat bagian dari tugas yang dihasilkan. 

Bahkan lebih gampangnya, sisitem ini mampu membantu siswa dalam meningkatkan kualitas tulisan atau tugas yang dihasilkan.

Disamping itu para Guru selain dapat melihat laporan orisinalitas, bisa langsung memverifikasi integritas akademik dari tugas para siswa yang telah disampaikan. 

Pada G Suite for Education (free alias Gratis), guru mampu mengaktifkan sekali laporan orisinalitas untuk 3 tugas sekaligus. Namun, Pembatasan ini telah dicabut pada Google Apps for Education yang memiliki sistem berbayar .

Kesimpulan

Melalui metode layanan unik dan asyik ini tentu antara pendidik dan peserta didik tak perlu repot hadir di kelas nyata. 

Agar, pandemi ini dapat ditekan penyebarannya. Namun demikian, proses belajar mengajar isiswa melalui classroom google ditengarai mudah diterapkan. Dan mudah diakses dimana saja, kapan saja. Tak perlu takut ketinggalan, karena akan ada fitur pemberitahuan.

Apalagi, kini kamu belajar dan bisa mengaksesnya melalui sejumlah perangkat seperti Android dan IOS. Untuk pembagian tugas juga dinilai lebih padat dan jelas. 

Semuanya menjadi lebih mudah terkoordinir dan rapi. Apalagi sistem ini menganut transparansi terhadap penggunanya. Sehingga dapat memberikan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar selama pandemi berlangsung.

Enaknya lagi, si Google Classroom ini memungkinkan penggunanya untuk saling bertegur sapa, layaknya didunia nyata. Jadi, apakah kamu sudah menjajalnya? Yuk Kulik lengkap metode pembelajaran unik yang lagi booming ini ya! Semoga artikel ini membantu Kalian.***