Aman Berhubungan Sex di Tengah Pandemi Corona, Begini Tipsnya

Ilustrasi Bercinta/Foto:Freepik

Lifestyle - Pandemi virus corona memang memengaruhi semua sendi kehidupan, termasuk soal urusan seks. Di saat semua orang menerapkan physical distancing alias menjaga jarak aman untuk berdekatan dengan orang lain, sebuah kekhawatiran baru pun muncul: bolehkah saya tetap bercinta dengan pasangan? 

Kebijakan untuk #dirumahaja membuat kita harus berada 24 jam terus-menerus bersama dengan pasangan. Bukan tidak mungkin hasrat untuk bercinta timbul lebih sering karena Anda dan pasangan menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Belum lagi jika Anda jenuh karena tidak bisa pergi ke luar rumah. 

Amankah berhubungan seks saat pandemi Covid-19? 

Seperti yang telah kita ketahui, penyebaran virus corona dari manusia ke manusia terjadi begitu cepat. 

Seseorang dapat terinfeksi virus corona jika ia terpapar droplet atau air liur dari orang lain yang positif Covid-19. Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa virus ini dapat menular saat berhubungan seksual. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat terpapar virus corona secara tidak langsung ketika sedang bercinta karena jarak yang begitu dekat dengan pasangan.  Ditambah lagi, aktivitas berciuman ketika sedang berhubungan seks menambah risiko penyebaran virus. 

Mengutip British Association for Sexual Health and HIV, bila Anda dan pasangan sama-sama berada di rumah untuk karantina mandiri, berhubungan seks sah-sah saja dilakukan. Namun, bila salah satu dari Anda masih sering bepergian ke luar rumah, entah untuk bekerja atau sekadar berbelanja, maka sebaiknya bersihkan diri dengan benar sebelum bercinta karena ada risiko paparan virus dari luar. 

Tips aman berhubungan seks agar tidak terinfeksi virus corona Memang tidak mungkin menerapkan physical distancing ketika berhubungan seks. 

Untuk itu, lakukan tips berikut ini agar tetap aman ketika bercinta: 

1. Bersihkan diri sebelum dan sesudah bercinta
Sebelum bercinta, sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu karena Anda akan menyentuh pasangan. 

Sesudah bercinta, Anda perlu membersihkan diri, misalnya dengan mandi dan membilas organ intim. Hal ini bukan semata-mata hanya untuk mencegah infeksi Covid-19 saja, tetapi juga menjaga agar tidak terkena infeksi lainnya seperti infeksi kandung kemih.

2. Hindari berciuman Virus corona dapat menyebar melalui air liur
Tunda dulu berciuman, terutama french-kiss, dengan pasangan untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, Anda dapat mengecup lembut pasangan di titik-titik sensitif lainnya pada tubuh. 

3. Pilih posisi bercinta yang tidak berhadapan
Sementara waktu, lupakan dulu posisi misionaris maupun woman on top yang membuat Anda dan pasangan harus berhadapan selama bercinta. Untuk mencegah terpapar percikan droplet pasangan, Anda dapat memilih bercinta dengan gaya doggy style misalnya. 

4. Pastikan Anda dan pasangan sama-sama mengarantinakan diri 
Berhubungan seks dengan pasangan sebenarnya tergolong aman asalkan Anda berdua memang telah menjalani karantina diri di tempat yang sama. Namun jika salah satu dari Anda masih pergi keluar rumah untuk bekerja misalnya, Anda tidak pernah tahu telah terpapar virus atau tidak di luar sana. Bersihkan diri dengan benar sebelum bercinta. 

5. Bersihkan sex toys sebelum digunakan 
Entah sedang pandemi virus atau tidak, menjaga kebersihan sex toys penting dilakukan. Jika ingin menggunakan sex toys saat bercinta, bersihkan dulu barang tersebut dengan air dan sabun atau dengan alkohol. 

Bagaimana dengan pasangan yang menjalani LDR (Long Distance Relationship)? 

Tak semua orang tinggal di kota yang sama dengan pasangannya. Sebagian pasangan, karena alasan pekerjaan, tinggal di kota yang berbeda. 

Di tengah pandemi corona, tentu sulit jika ingin pergi ke kota lain untuk menemui pasangan. Apalagi beberapa daerah telah menetapkan karantina wilayah dan membatasi orang-orang yang ingin keluar-masuk wilayah tersebut. 

Berikut ini tips untuk Anda yang menjalani LDR dengan pasangan: 

Tunda untuk pulang ke kota asal atau mengunjungi pasangan di kota lain. Manfaatkan teknologi dengan melakukan phone sex. Atau jika Anda lebih senang visual, Anda bisa melakukan video call sexy. 

Sebagai pemanasan, lakukan sexting (mengirim pesan teks seksi) kepada pasangan di saat-saat tak terduga, misalnya ketika ia sedang bekerja. Ada pasangan atau tidak di samping Anda, Anda tetap boleh melakukan masturbasi. 

Justru mencapai orgasme dengan masturbasi bermanfaat untuk kesehatan Anda, seperti: Mengurangi stres Membantu meningkatkan kualitas tidur Memperkuat sistem kekebalan tubuh Menambah tingkat kepercayaan diri Sekali lagi, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa berhubungan seks dapat menyebabkan infeksi Covid-19. 

Namun, ketika Anda berhadapan dengan pasangan dalam jarak yang dekat, bertukar air liur saat berciuman, atau bersentuhan secara umum, risiko penyebaran virus menjadi lebih tinggi. Bila Anda dan pasangan negatif Covid-19, berhubungan seks tetap boleh dilakukan. Lakukan tips di atas agar tetap aman ketika bermesraan.

Sumber : lifestyle.kompas.com