News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Selalu Harus Batuk dan Pilek Loh? Yuk, Kenali Ciri-Ciri Awal Korona COVID-19

Tak Selalu Harus Batuk dan Pilek Loh? Yuk, Kenali Ciri-Ciri Awal Korona COVID-19

Ilustrasi (shutterstock)
Purwakarta, ReksaRadio.com - Semenjak ada orang Indonesia positif terindetifikasi oleh virus Korona COVID-19, masyarakat pun semakin waspada. Apalagi, bagi mereka yang mengalami flu, batuk dan demam yang jadi ciri-ciri awal Korona.

Melansir dari Okezone, ada beberapa ciri-ciri awal Korona adalah demam di atas 37,7 derajat Celcius, nyeri hebat pada otot dan persendian, merasa lelah dan lemah dalam kondisi yang cukup parah, kulit menjadi hangat, memerah, mata merah dan berair, mengalami panas dingin, sakit kepala, batuk kering, sakit tenggorokan dan pilek.

Virus tersebut pun dapat merusak kinerja paru-paru yang menyebabkan pneumonia, yaitu peradangan akibat virus serta mikroorganisme lain. Selain itu, pertukaran oksigen menjadi sulit dan pengidapnya akan mengalami kegagalan pernapasan.

Konsultan Pulmonologi FKUI-RSCM, Dr. dr. Cleoplas Martin Rumende, SpPD, K-P, FINASIM, FCCP, mengatakan, gejala umum virus korona adalah batuk, pilek, demam dan sakit tenggorokan.

Pasien dengan infeksi akut atau berat akan timbul keluhan seperti sesak, batuk, demam dan ngos-ngosan. Gejala dari penyakit tersebut umumnya ringan dan tidak menimbulkan komplikasi.

Tapi, tim peneliti yang melakukan observasi pada 6 anggota keluarga, saat melakukan perjalanan ke China pada 15-16 Januari, menemukan salah satu dari 6 anggota keluarga tersebut dan tidak menujukan gejala terjangkit virus Korona.

Saat melakukan pemeriksaan paru-paru terlihat ada gangguan pernapasan yang dialami. Padahal, ia tidak mengalami gejala umum seperti demam, flu, dan batuk.

Oleh karena itu, para ahli kesehatan medis masih meneliti lebih lanjut mengenai virus korona yang telah menyebar di berbagai negara. Sebagian besar gejala awal dirasakan seperti batuk, flu, demam, dan sesak napas.

Namun, menurut dokter kesehatan yang melakukan penelitian di Hong Kong, orang yang terkena virus korona bisa saja sakit tanpa gejala umum seperti pengidap sebelumnya. Yang jelas, para pengidap virus ini pasti memiliki gangguan pernapasan.

Para ahli kesehatan mengimbau untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi virus dan menghindari dari hewan mati atau hidup. Kita juga dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

Jika mulai terinfeksi oleh virus, dapat mengambil langkah yang tepat agar tidak menularkannya kepada orang lain dengan cara mengisolasi diri sendiri di rumah, menjauhkan diri dari orang lain di rumah, upayakan selalu mengenakan masker wajah, dan menutup mulut saat batuk dan bersin.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment