Social Distancing, Upaya Pencegahan Virus

Social Distancing (Ilustrasi:DisdikJabar)

ReksaRadio.com - Social distancing adalah istilah yang diterapkan dalam serangkaian tindakan pengendalian infeksi/virus non-farmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Secara sederhana, seseorang diminta membatasi interaksi sosialnya. Tujuannya, guna mengurangi kemungkinan kontak antara orang yang membawa infeksi/virus dan orang lain yang tidak terjangkit sehingga dapat meminimalisasi penularan penyakit.

Tujuan Social Distancing tak hanya mencegah seseorang terpapar penyakit, tapi juga menghindari pasien menularkannya kepada orang lain. Cara ini dinilai efektif untuk penyakit yang bertansmisi melalui droplets (cipratan), seperti batuk dan bersin, khususnya pada kasus Covid-19.

Beberapa contoh Social Distancing yang digunakan meliputi penutupan sekolah dan tempat kerja, isolasi, karantina, cordon sanitaire (mencegah penyebaran wabah), sekuestrasi pelindung (melindungi populasi), pembatalan pertemuan massal, membatasi angkutan massal, penutupan fasilitas rekreasi, membatasi kontak tatap muka atau mengurangi perjalanan yang tidak perlu serta tidak bersalaman.


Sumber : Disdik Jabar