Sambut HBP Ke 59 Tahun 2023, Lapas Purwakarta Gelar Pekan Olahraga Pemasyarakatan


Reksaradio.com
- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta menggelar upacara pembukaan pekan olahraga pemasyarakatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Peasyarakatan (HBP) ke 59 Tahun 2023.

Digelar usai pelaksanaan apel pagi bersama, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Purwakarta, Yosep Antonius di lapangan Lapas Kelas IIB Purwakarta, pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Kalapas Kelas IIB Purwakarta, Yosep Antonius mengatakan kegiatan yang diselenggarakan di lapangan olahraga Lapas Purwakarta tersebut diikuti oleh perwakilan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) dari setiap kamar.

"Kegiatan pekan olahraga yang digelar merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut HBP ke 59 tahun 2023," ungkap Yosep.

Menurutnya, Pekan olahrga sebagai bentuk rekreasional bagi narapidana melalui sejumlah kegiatan olahrgaa yang akan ditandingkan dalam pekan olahraga pemasyarakatan.

"Merujuk pada Revisi Undang-Undang (RUU) Pemasyarakatan yang telah disahkan yang mana menyebutkan narapidana mendapatkan kegiatan rekreasional berupa kegiatan yang bersifat rekreasi di dalam Lapas berupa kompetensi olahraga yang bersifat hiburan," ucap Yosep, Pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Ia juga menambahkan bahwa porsenap juga sebagai bentuk sinergi dan ajang silahturami antara pegawai/petugas dan WBP.

"Kami tidak ingin rekan-rekan larut dalam kesedihan, kesendirian, dan merasa terasing di tempat ini. Lapas Kelas IIB Purwakarta adalah rumah baru bagi rekan-rekan WBP yang di dalamnya terdapat keluarga baru untuk saling mengisi, berbagi dan memotivasi," tutur Yosep.

Yosep menjelaskan, kegiatan positif seperti ini ditanamkan untuk mencegah potensi yang tidak diinginkan terjadi dalam Lapas Purwakarta dan membangun keakraban sesama warga binaan.

Ia berharap, agar WBP selalu menjaga kerukunan dan kekompakan sesama tim, serta kepada rival mereka dalam lomba. Sebab, dalam Porsenap ini bukan dicari pemenangnya, tapi lebih kepada semangat membangun silaturahmi dan komunikasi.

"Melalui kegiatan ini diharapkan bisa merangkul mereka dalam hal yang nilainya positif, salah satunya olahraga. Melalui itulah kita tahu apa keluhan mereka, sehingga mereka banyak curhat dengan kita. Kegiatan ini untuk memupuk semangat dan kebersamaan kita, Selamat bertanding dengan sportif, tunjukan semangat kemerdekaan kita,” ucap Yosep Antonius.***