PT Jasa Raharja Perwakilan Purwakarta Gelar Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Lalu Lintas


Reksaradio.com
- Keselamatan masyarakat dalam berkendara dan berlalu lintas menjadi perhatian penuh bagi para pemangku kepentingan di Kabupaten Purwakarta.

Sebagai salah satu upaya proaktif dalam menekan jumlah kecelakaan lalu lintas serta meminimalisir fatalitas korban, PT Jasa Raharja Perwakilan Purwakarta menginisiasi kegiatan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Purwakarta, Anung Sigit Priyono menjelaskan bahwa Jasa Raharja sebagai inisiator forum melaksanakan amanat Peraturan Presiden No. 1 tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Dalam rapat tersebut, kata Anung, disepakati program-program dan langkah-langkah strategis untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan serta menurunkan fatalitas korban kecelakaan.

"Selama periode Januari sampai dengan Agustus 2022, Jasa Raharja Perwakilan Purwakarta telah menyerahkan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas sebesar Rp. 21.187.044.027 meningkat 27,9 % atau sebesar Rp. 4.644.021.814 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya," ucap Anung, pada Kamis, 22 September 2022.

Ia menyebut, dengan peningkatan angka santunan yang diserahkan berarti ada peningkatan fatalitas dan jumlah korban kecelakaan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purwakarta, sehingga upaya-upaya pencegahan kecelakaan perlu segera dilakukan sehingga masyarakat lebih aman dan nyaman dalam berkendara dan berlalu lintas.

"Dengan meningkatnya jumlah santunan tersebut menunjukkan adanya peningkatan jumlah dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purwakarta," jelasnya.

Anung menambahkan, dalam rapat ini juga dibahas blackspot (titik rawan laka) yang banyak menimbulkan korban jiwa.

"Untuk langkah jangka pendek guna meminimalisir korban laka lantas disepakat yaitu melakukan pemasangan papan himbauan atau baliho di titik daerah rawan laka yang ada di Kabupaten Purwakarta," ungkap Anung.

Diharapkan Hasil Rapat ini dapat mengoptimalisasi Peran dari FKLL (Forum Komunikasi Lalu Lintas) dalam pencegahan kecelakaan sehingga dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan lalulintas khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan dan kendaaraan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, tetap mengutamakan keselamatan, memperhatikan kelaikan kendaraan dan kesiapan kecakapan berkendara serta kesehatan pengendara untuk meningkatkan keselamatan dan meminimalisir kecelakaan serta fatalitas korban," ucap Anung.

Terpisah, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kanit Gakkum Polres Purwakarta, IPDA Kadek A.Vicka mengatakan, pihaknya aka memasang papan himbauan atau baliho di titik daerah rawan laka yang ada di Kabupaten Purwakarta, guna meminimalisir kecelakaan.

”Benar seperti adanya Baliho ataupun spanduk mungkin orang setelah membaca akan lebih berhati-hati dan juga dilakukan himbauan keselamatan melalui sosialisasi bersama sama dengan unit Kamsel Polres Purwakarta," ucap wanita yang akrab disapa Vicka itu.

Selain itu, lanjut dia, imbauan keselamatan melalui sosialisasi akan terus dilakukan ke tiap sekolah ataupun universitas, karena mengingat jumlah korban kecelakaan lalu lintas terbanyak di rentang usia 15 sampai dengan 24 tahun.

“Polres Purwakarta dalam hal ini Unit Gakkum sudah melakukan upaya-upaya pencegahan perventif yang akan terus dilakukan dan ditingkatkan bersama-sama dengan mitra dan stakeholder. Semoga angka kecelakaan maupun fatalitas korban kecelakaan menurun,” tutur Vicka.

Diketahui, rapat tersebut dihadiri oleh Anung Sigit Priyono Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Purwakarta, yang didampingi Indra Priherdian Mobile Service Kantor Perwakilan Purwakarta, Kanit Gakkum Polres Purwakarta, IPDA Kadek A. Vicka didampingi Aiptu Untung anggota Unit Kamsel Polres Purwakarta, Kasie Bidang Lalin Dishub Kabupaten Purwakarta Hendriawan, Kasie Wasdaltib Dishub Kab. Purwakarta Halim serta Riksan R.F. dan M. Nur Efendi Perwakilan dari Dinas PUPR.