Kadivpas Kemenkumham Jabar Ikut Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Narkoba di Mapolda Jabar


Reksaradio.com
- Berempat di halaman Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Barat, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jawa Barat, M Hilal turut serta menyaksikan pemusnahan 1,196 ton narkotika jenis sabu-sabu.

Tak hanya itu, Hilal juga ikut memusnahkan barang bukti narkotika golongan I tersebut, bersama para pimpinan dari aparat penegak hukum terkait di wilayah Jawa Barat seperti Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, BNN Provinsi, Kodam III Siliwangi, dan APH lainnya.

Menurut, M Hilal, keikutsertaan Kemenkumham Jawa Barat pada kegiatan tersebut adalah bukti sinergitas antar instansi penegak hukum di wilayah hukum Provinai Jawa Barat, juga bentuk peran aktif jajaran pemasyarakatan dalam perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan Nakoba.

“Ini adalah bentuk sinergitas dan dukungan kita terhadap pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkotika di Jabar,” ungkap M Hilal, dalam keterangan tertulisnya, pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Ditempat yang sama, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar), Irjen Pol Suntana menyebut, barang bukti sabu tersebut merupakan hasil ungkapan Ditresnarkoba yang beratnya mencapai 1,196 ton di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangadaran pada Maret 2022 lalu.

“Total barang bukti yang dimusnahkan ada 1,196 ton narkotika jenis sabu,” ujar Suntana.
 

Menurut Kapolda Jabar, sabu-sabu tersebut merupakan kiriman dari Iran dan bakal diedarkan di Pulau Jawa.

Diketahui, ada 5 tersangka yang saat ini tengah menjalani proses hukum, mereka diantaranya berinisial M, DH, HH, AH, dan seorang perempuan berinisial NS.

“Kegiatan ini tanggung jawab Polda Jabar kepada masyarakat, dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif,” katanya. (***)