Peduli Pendidikan, Mojang Jajaka Kabupaten Purwakarta Gelar Moka Mengajar di Rusunawa

Mojang Jajaka Purwakarta bersama anak-anak di Rusunawa, Kelurahan Ciseureuh Kabupaten Purwakarta

Reksaradio.com
- Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Kabupaten Purwakarta, Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Purwakarta berkolaborasi dengan Komunitas Sekolah Binaan menggelar kegiatan Moka Mengajar terhadap anak-anak di Rusunawa, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta.

Hadirnya Mojang Jajaka disambut antusias anak-anak di Rusunawa dan bukan hanya sekadar berbagi pengalaman melainkan turut juga berbagi kebahagiaan serta motivasi kepada anak-anak tersebut.

Salah satu Mojang Purwakarta, Tanissa Puti Rahmadiva mengatakan, kegiatan ini menjadi salahsatu program Divisi Pengabdian Masyarakat Mojang Jajaka Purwakarta 2021.

"Kegiatan ini berawal dari keresahan terhadap dampak yang ditimbulkan dari covid-19 terhadap sektor pendidikan untuk anak yang masih SD. Karena belajar daring membutuhkan smartphone dan juga kuota, bagi warga yang tinggal di rusunawa hal itu merupakan suatu kendala, sehingga belajar kurang optimal," ucap wanita yang menjabat ketua Divisi Pengabdian Masyarakat Mojang Jajaka Purwakarta, pada Minggu, 9 April 2022.

Maka dari itu, kata Tanissa, untuk menumbuhkan minat belajar dan semangat menggapai cita-cita perlu nya peran dari pemuda pemudi Purwakarta

"Tujuannya agar adik-adik di rusunawa yang kebayakan yatim-piatu dan ekonominya menengah kebawah, disaat bulan ramadhan apalagi banyak harga naik. Anak anak agar dapat belajar dengan optimal walau kondisi sedang seperti ini, dan juga agar anak anak tetap memiliki minat belajar dan semangat meraih cita-cita," jelas mahasiswi cantik jurusan Pengembangan Masyarakat Islam di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu.

Tanissa menjelaskan, dengan sistem belajarnya sambil bermain agar menarik minat anak anak dan agar anak anak nyaman tidak mudah bosan.

"Hal ini juga memudahkan anak anak untuk menerima pelajaran dari kita, selain menggambar, anak anak dilatih untuk berhitung, membaca, dan juga belajar bacaan do'a, wawasan kebangsaan, serta wawasan mengenai pariwisata di Purwakarta," ucapnya.

Tanissa menyebut, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala ke lokasi yang sama dan lokasi lainnya yang minat pendidikannya rendah.

"Mudah-mudahan datangnya kami juga bisa menjadi salah satu motivasi bagi anak-anak untuk bersemangat belajar dan berkembang di kemudian hari," harap Tanissa. (***)