Lapas Purwakarta Pemerkan Hasil Karya Warga Binaan di One Day One Prison's Product


Reksaradio.com
- Salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta memamerkan sejumlah produk hasil karya warga binaan melalui kegiatan One Day One Prison's Product.

Ada berbagai macam bentuk hasil kerajinan kayu dan besi hasil karya tangan dingin para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Purwakarta, Seperti meja, rak buku, lemari minimalis, rak bunga kekinian dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga produk lain, seperti aneka kue kering, aneka keripik, kaus, boneka dan kerajinan handy craft.

Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta, Sopiana mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan produktivitas warga binaan pemasyarakatan (WBP) melalui pembelian produk yang mereka hasilkan baik itu oleh petugas ataupun masyarakat.

"Melalui kegiatan One Day One Prison's Product ini berbagai produk hasil karya dari para warga binaan ini diharapkan dikenal luas masyarakat di Kabupaten Purwakarta," ucap Sopiana, pada Rabu 20 April 2022.

Dijelaskannya, warga binaan Pemasyarakatan merupakan sumber daya manusia berpotensi yang mampu menghasilkan produk berkualitas, juga memiliki nilai ekonomi, daya guna, dan estetika.

"Kemampuan tersebut diperoleh warga binaan dari program pembinaan kemandirian yang diselenggarakan di Lapas Kelas IIB Purwakarta, sebagai persiapan bagi warga binaan, menjadi manusia yang mandiri dan tidak mengulangi perbuatannya setelah bebas nanti," ucapnya.

Lewat kegiatan One Day One Prison's Product ini, Kata Sopiana, warga binaan pemasyarakatan juga bisa produktif, dengan cara menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tinggi dan Berkualitas.

"Jadi One Day One Prison's Product ini menegaskan bahwa warga binaan tidak hanya sekedar tidur di Lapas Purwakarta dan berdiam diri, namun dapat berbuat satu produk kecil yang dapat bermanfaat bagi masyarakat," tutur Sopiana.

Ia berharap, masyarakat Kabupaten Purwakarta bisa menyempatkan watu supaya bisa datang ke Lapas Purwakarta dan membeli produk hasil karya dari tangan warga binaan.

"Jadi kegiatan ini untuk mendukung dan memberikan semangat teman-teman warga binaan, supaya mereka meningkatkan kreatifitasnya dan mengasah kemampuannya. Sehingga saat kembali ke masyarakat nanti mereka bisa berperan aktif dan produktif," ucap Sopiana. (***)