Manfaat Secangkir Teh Hijau di Musim Penghujan

Dr. M. Khais Prayoga, peneliti di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Bandung asal Purwakarta.

Reksaradio.com - Secangkir teh hangat bisa jadi solusi menghangatkan tubuh dan memberikan manfaat baik bagi kesehatan, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini.

Tak hanya itu, dengan meminum secangkir Teh dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat menghadapi ancaman pandemi virus Corona (Covid-19).  

Di Kabupaten Purwakarta masih banyak perkebunan teh dan juga ada pabrik teh yang hingga kini masih produksi.

Seperti yang kita tahu, teh terdiri dari berbagai macam varian. Mulai dari teh hijau, teh merah, teh putih dan juga teh hitam. Untuk di Kabupaten Purwakarta kebanyakan Teh Hijau.

Menurut, salah satu peneliti bidang pemuliaan tanaman di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Bandung, Dr. M. Khais Prayoga, Air teh merupakan minuman favorit masyarakat di Indonesia karena memiliki cita rasa berbeda dibandingkan minuman lainnya.

Selain itu, sambung dia, minum teh juga yang dapat menghangatkan tubuh dan membuat perasaan merasa lebih baik serta rileks.

"Teh itu kan ada kandungan antioxidan yang bisa menangkap radikal bebas dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih fit. Teh memiliki aroma khas yang menenangkan," ucap Khais saat dihubungi di Purwakarta, pada Kamis 11 November 2021.

Ia menambahkan, di saat musim hujan seperti ini, daya tahan tubuh menjadi penting, terlebih bagi yang bepergian disaat hujan.

"Di Kabupaten Purwakarta kan banyak tuh Teh Hijau. Minum teh hijau, baik di hari-hari biasa ataupun di saat musim hujan. Kandungan nutrisi pada teh hijau dipercaya mampu menyerap racun yang mengganggu dalam tubuh," jelas peneliti Teh dan Kina asal Kabupaten Purwakarta itu 

Khais menjelaskan, Teh juga mengandung berbagai macam senyawa bioaktif yang bisa meningkatkan kesehatan. Senyawa tersebut adalah falvonoid dan catechin. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.

"Selain itu, minum teh hijau secara teratur, disinyalir mampu membuat otak lebih segar dan sehat. Kandungan kafein pada teh hijau digadang-gadang mampu mengurangi perasaan gelisah. Dengan minum teh hijau, dipercaya konsentrasi seseorang bisa meningkat," ungkapnya.

Tak hanya itu, sambung Khais, Teh hijau dikatakan sebagai minuman yang bisa meningkatkan pembakaran lemak. 

"Teh hijau juga dikenal sebagai minuman yang bisa meningkatkan kinerja fisik Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan, kafein yang terkandung pada teh hijau terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak," beber dia.

Dijelaskannya, banyak manfaat lain yang terkandung dalam secangkir Teh, seperti turunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan gigi, bahkan diyakini membuat awet muda. 

Di musim hujan seperti sekarang ini, kata Khais, minum teh hijau hangat bisa jadi pilihan yang tepat.

"Saat ini hujan deras melanda beberapa daerah di Indonesia, termasuk kabupaten Purwakarta. Untuk memberikan rasa hangat di tengah cuaca yang cukup dingin, tak ada salahnya menikmati segelas teh hijau," ucapnya.