Berkat Polisi di Purwakarta, Kini Mak Endeung Punya MCK Sendiri


Reksaradio.com
- Emak Endeung, nenek berusia 80 tahun warga kampung Cileuweung, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, kini sudah tak perlu lagi berjalan jauh dari rumahnya untuk mencari jamban untuk keperluan buang air besar ataupun mandi.

Setalah dibangun oleh Polsek Bojong, Polres Purwakarta bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong Timur, Mak Endeung akhirnya dapat menikmati fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) yang memadai di rumahnya.

"Polsek Bojong bekerja sama dengan masyarakat dan Pemdes Bojong Timur, membangunkan MCK yang dibutuhkan Mak Endeung dan saat ini sudah bisa digunakan," ucap Kepala Desa Bojong Timur, Dedi Junaedi, pada Kamis, 18 November 2021.

Disebutkan Dedi, personel Polsek Bojong dibantu masyarakat Desa Bojong Timur, bergotong royong membangun MCK untuk Mak Endeung, sehingga kebutuhan tersebut sudah tersedia untuk nenek yang sudah lanjut usia itu.

Selama ini, dijelaskannya, Mak Endeung, yang tinggal sendiri karena anak dan suaminya meninggal dunia beberapa tahun lalu.

"Selama ini, Mak Endeung harus berjalan jauh dari rumahnya untuk keperluan jamban, karena di rumahnya tak tersedia jamban maupun kamar mandi yang sehat. Kini kebutuhan tersebut sudah tersedia di rumah Mak Endeung atas inisiasi Kapolsek Bojong, IPDA Budiman," ujar Dedi.

Terpisah, Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kapolsek Bojong, IPDA Budiman mengatakan, membangun kamar mandi tersebut sebagai bentuk rasa solidaritas yang tinggi dan berbagi kasih sayang dari Polri kepada warga yang sangat membutuhkan fasilitas tersebut.

"Semuanya dilakukan secara bergotong royong untuk membantu warga yang membutuhkan fasilitas MCK seperti Mak Endeung ini. Untuk sumber dana ini hasil rerongan (Sumbangan) dari anggota Polsek Bojong, Kades Bojong Timur dan Masyarakatnya," ucap Abah Budiman sapaan akrab Kapolsek Bojong.

Ia menambahkan, MCK yang dibutuhkan Mak Endeung pun selesai dibangun dengan dibantuk oleh masyarakat sekitar.

Abah Budiman mengatakan, sarana MCK untuk Mak Endeung ini dibangun dengan mengikuti standar MCK, sehingga sangat memenuhi syarat kesehatan yang sebagaimana ketentuan pemerintah.

Kapolsek menegaskan bahwa, selain merupakan tugas untuk melayani masyarakat, kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian Polsek Bojong kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

"Apa yang kami buat ini sebagai wujud Polri yang bertugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayanan masyarakat. Ini bentuk kepedulian Polsek Bojong, Polres Purwakarta dalam membantu masyarakat yang membutuhkan," tutur IPDA Budiman. (Gin)

Pelaksanaan pembangunan MCK di rumah Mak Endeung oleh Polsek Bojong dan masyarakat Bojong Timur. (Foto: Dok Humas Polres Purwakarta)