News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Warga Purwakarta Ikuti Pelayanan KB Gratis dari DPPKB Kabupaten Purwakarta

Ratusan Warga Purwakarta Ikuti Pelayanan KB Gratis dari DPPKB Kabupaten Purwakarta


Reksaradio.com -
Hari Kontrasepsi Sedunia yang diperingati setiap 26 September di seluruh dunia itu bertujuan meningkatkan komitmen program keluarga berencana (KB).

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat menggelar pelayanan KB gratis di setiap Puskesmas yang ada dalam kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat melalui Kabid KB, Idi Junaedi mengatakan, Hari Kontrasepsi Sedunia harus dijadikan sebagai momentum untuk terus menggalakkan kembali program Keluarga Berencana.

"Hari Kontrasepsi Sedunia juga dijadikan mementum Koreksi terhadap berbagai pelayanan KB kepada masyarakat Kabupaten Purwakarta, apalagi ditengah Pandemi Covid-19 saat ini," ucap Idi, saat meninjau pelaksanaan KB gratis, pada Kamis 30 September 2021.

Dijelaskannya, untuk perayaan kontrasepsi sedunia di Kabupaten Purwakarta sudah dilakukan berbagi pelayanan KB gratis yang di titik beratkan pada Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) untuk mendukung program KB.

"Kami mulai pelayanan dari 29 September hingga 30 September 2021 dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia yang digelar di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Purwakarta. Ada sebanyak 210 akseptor KB IUD dan 557 akseptor KB Implant yang mengikuti pelayanan KB gratis ini," jelas Idi.

Menurutnya, Hari Kontrasepsi Sedunia ini menandakan pentingnya bagi perempuan untuk memilih yang terbaik bagi kesehatan dirinya dan membantu memberdayakan perempuan dalam berbagai sektor.

"Kontrasepsi modern memberikan kekuatan pilihan kepada perempuan juga keluarganya dengan memberikan mereka ketenangan pikiran dalam merencanakan masa depan sehingga dapat memperoleh kesempatan yang lebih luas dalam meraih keinginan mereka," ucap Idi.

Saat disinggung kenapa lebih banyak wanita yang ber-KB, Idi mengatakan, sebetulnya alat kontrasepsi juga ditujukan kepada pria. Namun, jenisnya tak sebanyak yang untuk wanita.

"Untuk pria, alat kontrasepsi hanya 2 macam, kondom dan vasektomi. Untuk wanita, alat kontrasepi tersedia dalam beberapa jenis, di antaranya pil KB, suntik, implan, intrauterine device (IUD), dan kondom wanita," tutur Idi.

Dijelaskannya, perencanaan keluarga melalui kontrasepsi merupakan gerakan global yang penting dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan.

"Perencanaan keluarga, akan bermanfaat bagi ibu-ibu milenial yang ingin memberdayakan dirinya dari segi pendidikan, sosial, dan keluarga. Untuk mencapai keluarga yang sejahtera maka sangat diperlukan perencanaan yang baik, jadi alat kontrasepsi akan menjadi faktor pendukung yang penting untuk hal itu," tutur Idi.

Diketahui, ketua TP PKK Kabupaten Purwakarta melakukan monitoring pelayanann KB MKJP Ke beberapa titik, diantaranya PKM Kecamatan Bungursari, PKM Kecamatan Campaka, PKM Kecamatan Pasawahan dan PKM Kecamatan Pondoksalam. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment