Purwakarta Kembali Gelar Operasi Yustisi, Masyarakat Harus Disiplin

Foto/Istimewa
PURWAKARTA - Brigjen Polisi Eddy Sumitro, meninjau pelaksanaan operasi yustisi di Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (23/9/2020).

Dalam kunjungannya, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Polisi Eddy Sumitro menekankan, Operasi yustisi untuk mengingatkan masyarakat ihwal pentingnya menerapkan protokol kesehatan covid-19 seperti menggunakan masker.

Eddy mengingatkan, bahwa mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker merupajan kewajiban untuk melindungi diri dan keluarga dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Ia juga mengatakan, bahwa kegiatan itu merupakan instruksi dari Kapolri dan Kapolda untuk seluruh jajaran melaksanakn operasi yustisi.

"Jadi kami mengedepankan teman kami dari Satpol PP dibackup dengan TNI-Polri tujuannya mendisiplinkan masyarakat untuk melakukan tiga M, atau menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ungkap Eddy, saat ditemui di Taman Pembaharuan, Jalan baru, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta.


Eddy juga menjelaskan bahwa kegiatan saat ini dilakukan penindakan kepada para pelanggar.

"Targetnya setiap polres melakukan dua titik stasioner, satu mobile disetiap Polsek satu stasioner. Ini untuk mengedukasi masyarakat agar terbiasa menggunakan masker, jadi sanksi bukan jadi ukuran. Operasi ini hanya untuk mengingatkan masyarakat," tegasnya.

Eddy juga menerangkan, melalui operasi yustisi ini, harapannya dapat menjadi pengingat bagi warga. Kalau ada warga yang terjaring operasi yustisi, dan terkena sanksi, maka dia akan akan selalu ingat.

"Harapannya, dirinya maupun keluarganya akan selalu melaksanakan protokol kesehatan. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan sampai 70 persen," kata Eddy.

Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan mengatakan, Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Kabupaten Purwakarta digelar secara humanis dan persuasif, dalalam membantu pemerintah kabupaten Purwakarta untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker.

"Operasi Yustisi kami lakukan dibeberapa titik di wilayah Purwakarta dan juga dilaksanakan oleh 14 Polsek jajaran Polres Purwakarta, serta tim yang bergerak secara mobile," ucap perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Selain itu, dalam operasi yustisi ini, lanjut dia, personel Polres Purwakarta diwajibkan membawa masker cadangan setiap harinya sehingga dapat diberikan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Tak lupa, dirinya terus menerus mengimbau, agar masyarakat tetap hidup bersih dan sehat.

"Semua kita sedang bersama-sama melawan Covid-19. Kami berharap dengan menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan, penyebaran Covid-19 bisa terputus sehingga semua kembali normal," harap Indra. (Red)