Warga Darangdan Purwakarta Tak Izinkan Kendaraan Masuk Tanpa Disinfektan

Warga Darangdan Purwakarta Lakukan Penyemprotan Disinfektan/Foto:Istimewa

Purwakarta - Warga di sejumlah wilayah di kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta lakukan penyemprotan Disinfektan kepada warga atau kendaraan yang masuk ke wilayah setempat. Hal ini guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid- 19.

Seperti hal nya yang dilakukan warga di Desa Linggamukti Kec Darangdan, disetiap akses masuk menuju wilayah tersebut, setiap kendaraan yang masuk baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat diwajibkan berhenti dan harus melalui penyemprotan disinfektan baik kendaraan ataupun pengemudi kendaraannya.

"Kalau sudah melalui penyemprotan disinfektan baru pengendara boleh masuk ke wilayah kami, kalau tidak bersedia mengikuti aturan ini terpaksa kami tidak mengijinkannya masuk ke wilayah kami, ini demi keselematan semua warga dari penyebaraan virus covid - 19" ujar salah satu warga Linggamukti, Ai Siti Arilah (35) disela penyemprotan dilaksanakan. Rabu, (8/4/2020).

Ai menambahkan, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan warga Desa Linggamukti s
ecara sukarelawan dengan cara bergiliran dan dibagi beberapa tim serta dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Kegiatan tersebut diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus Covid - 19 khususnya di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, angka ODP di Kecamatan Darangdan cukup tinggi diduga seiring dengan kepulangan sejumlah warga dari wilayah zona merah penyebaran Covid - 19.

"ODP di wilayah kami cukup tinggi, oleh karena itu warga disini berinisiatif membentengi wilayahnya dengan penyemprotan disinfektan kepada warga yang keluar masuk kampung terlebih bagi yang baru kembali dari wilayah zona merah" jelasnya.

Sementara itu, hal serupa juga dilakukan warga di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan. Sejumlah akses masuk Desa tersebut turut di jaga sejumlah warga dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan bagi warga atau kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut.

"Sama seperti yang dilakukan di beberapa tetangga desa, kami disini coba berupaya membentengi wilayah kami dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tiap akses masuk menuju wilayah desa kami." Kata Sri Rahayu (31) salah satu warga Desa Cilingga.

Menurutnya, selain pemberlakukan penyemprotan disinfektan di tiap akses masuk menuju wilayahnya, lanjut Sri, warga setempat juga di imbau untuk menggunakan masker terutama saat keluar rumah dan melakukan social distancing terutama bagi warga yang baru kembali dari wilayah zona merah.

"Sesuai imbauan dari pemerintah, kita juga sampaikan seperti itu kepada masyarakat, minimal kita sosialisasikan kepada orang- orang terdekat seperti keluarga. Insyaalah dengan kita mematuhi imbauan dan anjuran dari pemerintah pandemi ini dapat kita cegah dan situasi kembali normal" pungkasnya.