News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Virus Corona Bertahan Di Dalam Kulkas, Benarkah?

Virus Corona Bertahan Di Dalam Kulkas, Benarkah?

Foto : Ilustrasi/Freepik

ReksaRadio.com - Ahli virologi, dr Warner Greene, di San Fransisco menyarankan untuk mendisinfeksi semua barang belanjaan sebelum ditaruh di kulkas. Hal ini untuk mengantisipasi barang belanjaan tersebut aman dari COVID-19.

Namun benarkah virus Corona COVID-19 dapat bertahan di kulkas?

Mengutip NBCbayarea, sebuah studi tahun 2010, American Society for Microbiology, meneliti efek suhu dan kelembaban pada virus corona SARS yang terkait erat dengan virus Corona COVID-19 (SARS-CoV-2). Dalam penelitian tersebut para ilmuwan menemukan bahwa virus dapat bertahan dalam suhu di bawah 4,4 derajat celcius. Dilansir ReksaRadio.com dari detikhealth.

Greene, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa itu adalah alasan mengapa ia perlu merekomendasikan semua orang untuk mendisinfeksi barang belanjaannya sebelum ditaruh di kulkas. "Intinya adalah, Anda tidak akan pernah memasukkan apa pun ke lemari es Anda tanpa didekontaminasi terlebih dahulu," katanya.

Greene mengatakan ada beberapa langkah yang bisa memastikan makananmu aman sebelum ditaruh di kulkas seperti berikut.

- Siapkan mangkuk yang sudah berisi disinfektan berbahan dasar alkohol. "Ada dua hal yang dapat melarutkan membran coronavirus. Anda dapat menggunakan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air," ujarnya.

- Cara lain adalah dengan menambahkan sabun ke dalam air hangat. Lalu rendam handuk dalam larutan pembersih dan peras. Gunakan handuk basah untuk menyeka permukaan setiap wadah makanan secara menyeluruh. Pastikan kamu melakukannya di permukaan yang bersih seperti meja yang sudah didisinfeksi.

- Dekontaminasi wadah makanan sebelum dimasukkan ke kulkas.

Meski belum ada penelitian pasti terkait COVID-19 dapat bertahan hidup pada suhu tertentu, dr Greene menyarankan hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan risiko penyebaran.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment