News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Hindari Corona Saat Naik Transportasi Umum

Tips Hindari Corona Saat Naik Transportasi Umum

Hindari Corona Saat Naik Transportasi Umum (Foto:Net)

Lifestyle, ReksaRadio.com - Virus Corona menjadi salah satu virus yang banyak ditakuti dan menyita perhatian Internasional. Sehingga membuat setiap orang semakin was-was karena penyebaran virus yang sangat cepat.

Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak terinfeksi Covid-19 atau virus Corona. Khususnya bagi para pengguna transportasi umum, pastinya harus lebih berhati-hati untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Berikut adalah 7 cara mencegah virus Corona saat naik transportasi umum.


1. Hindari Menyentuh Menggunakan Jari Tangan
Saat berada di transportasi umum sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan dengan menggunakan jari ataupun telapak tangan. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan siku, lutut, kaki, dan bagian tubuh lainnya.
Namun jika terpaksa harus menggunakan tangan, maka Anda bisa membungkus tangan terlebih dahulu dengan sweater atau jaket yang Anda miliki. Lebih mudah untuk menghilangkan virus dan bakteri dari pakaian dibandingkan dengan tangan, terutama jika setelahnya akan menyentuh makanan atau bagian wajah.


2. Pilih Transportasi Umum yang Sudah Serba Otomatis
Fasilitas angkutan umum yang sudah serba otomatis akan membantu Anda untuk meminimalisir sentuhan sehingga tidak perlu menggunakan tangan untuk menyentuh permukaan yang ada di transportasi umum tersebut. Misalnya saja, lebih memilih untuk menaiki transportasi umum yang sudah cashless atau teknik pembayarannya bisa melalui kartu sehingga tidak perlu lagi menyentuh uang yang memiliki banyak bakteri dan virus di dalamnya.


3. Perhatikan ke Mana Anda Akan Membawa Ponsel
Beberapa transportasi umum seperti bus, pesawat, dan kereta memiliki toilet di dalamnya. Seperti yang banyak diketahui, toilet adalah salah sarang dari virus dan bakteri. Oleh sebab itu jika Anda pergi ke toilet, pikirkan dua kali untuk membawa ponsel turut serta ke sana.
Namun jika terpaksa harus membawanya maka jangan pernah meletakkan ponsel di atas permukaan toilet secara langsung. Anda bisa meletakkan tisu terlebih dahulu agar ponsel tidak langsung terpapar oleh virus dan bakteri yang ada di permukaan toilet.


4. Hindari Bersalaman, Tos, dan Berpelukan
Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang Anda bisa saja bertemu dengan orang-orang yang Anda kenal saat berada di transportasi umum.
Namun cara terbaik untuk mencegah infeksi virus Corona adalah dengan tidak melakukan tos, salaman, ataupun berpelukan dengan orang tersebut. Menjaga jarak adalah hal terbaik untuk melindungi orang-orang yang lebih rentan karena tidak semua orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama.


5. Segera Cuci Tangan Setelah Pulang
Terkadang Anda mungkin tanpa sadar menyentuh mata atau bagian wajah yang lain, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan. Setelah pulang dari menaiki transportasi umum maka segeralah ke kamar mandi dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih. Bahkan Anda juga bisa mencuci gagang keran untuk mencegah paparan virus dan bakteri kembali setelah mencuci tangan.


6. Siapkan Tisu Basah, Kering, dan Sapu Tangan di Dalam Tas
Anda bisa menggunakan barang-barang tersebut untuk membersihkan tangan atau sebagai penghalang antara tangan dengan benda-benda yang akan Anda gunakan. Dengan demikian, bisa terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri, terutama Covid-19.


7. Sebisa Mungkin Tidak Menyentuh Uang
Sebisa mungkin gunakan transportasi umum yang sudah memiliki fasilitas cashless, sehingga semuanya bisa Anda bayar melalui kartu tanpa perlu menyentuh uang. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari infeksi Covid-19 atau virus Corona.
Demikianlah 7 cara mencegah virus Corona saat berada di transportasi umum yang dapat Anda jadikan rekomendasi. Semoga cara mencegah virus Corona ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semua orang, terutama yang seringkali menggunakan transportasi umum. Selamat mencoba!

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment