Tiga Tahun Vakum, Wika Salim Kembali Dengan Single Terbaru "Penyesalan"


Setelah tiga tahun vakum merilis karya musik, Wika Salim kembali dengan single terbarunya di awal tahun 2020 ini. Tidak seperti biasa, pedangdut yang juga dikenal sebagai Co-Host program “Ini Baru Empat Mata” di Trans7 itu merilis sebuah single pop karya Didit “Tiganama” yang berjudul “Penyesalan”.

Bagi pemilik nama lengkap Wika Febrina Putri ini yang sebelumnya sudah merilis 6 single dangdut, ini merupakan karya rekam perdananya di musik pop. Namun dengan merilis single pop, Wika tidak ingin disebut berpindah genre musik. Ia hanya ingin mengeksplorasi kemampuannya di dunia musik.

“Sedikit mental sih dari dangdut ke pop. Kalau dibilang pindah genre sih nggak. Tapi, niatnya pengin memperkaya ekplorasi musik. Artinya, nggak hanya di dangdut saja. Setelah ini, bisa aja nyanyi keroncong,” terang Wika Salim yang juga pernah bermain dalam sejumlah sinetron dan FTV itu.

Karena berbeda dari genre musik yang ia tekuni selama ini, Wika menganggap single pop perdananya ini sebagai sesuatu yang spesial. Meski mengaku tak mendapat treatmen khusus selama masa penggarapan single ini, ia butuh proses untuk melatih lidahnya agar tidak tergelincir menyanyi dengan aksen dangdut.

“Kalau dangdut itu kan kebanyakan upbeat musiknya. Nah ini musiknya melow dengan lirik-lirik yang jauh lebih serius. PR-nya itu harus hilangin cengkok dangdut. Jadi agak makan waktunya saat rekaman itu ya hilangin cengkok-cengkok dangdut yang tiba-tiba keluar,” jelasnya.

Lewat single “Penyesalan”, nyatanya Wika Salim berhasil memperlihatkan kemampuannya sebagai seorang penyanyi yang lengkap. Single yang juga diaransemen oleh penciptanya sendiri, Didit “Tiganama”, secara sempurna mampu dihidupkan oleh Wika. Ia secara pas bermain di nada-nada rendah dengan tempo lambat, bahkan ketika ia harus mencapai nada-nada tinggi.

Wika menyebut, lirik-lirik lagu ini sangat mengena dengan dirinya. Single “Penyesalan” bercerita tentang penghianatan cinta. Mungkinkah kesalahan yang sudah dibuat dapat terhapus lewat pemintaan maaf dan penyesalan? Wika berharap lagunya dapat diterima, terutama kepada mereka yang sering disakiti oleh cinta.