Keren, Bus Disulap Jadi Musalla Portable, Dilengkapi Fasillitas Wudhu

Bus yang disulap menjadi mushola (foto: net)
ReksaRadio.com - Ide kreatif yang dibuat oleh Universitas Utara Malaysia (UMM), yakni menyulap bus menjadi musalla atau di Malaysia disebut surau.

Ide mereka pun kini menjadi menjadi viral diduniamaya. Mereka mengubah bagian dalam bus menjadi surau atau musalla agar lebih banyak mahasiswa atau di sana disebut siswa kampus itu bisa berdoa sebelum memasuki perkuliahan.


Melansir dari worldofbuzz.com (2/3/2020), UUM di Kedah, Malaysia membuat langkah inovatif dan berani. Mereka memutuskan untuk membangun surau portabel atau juga disebut ruang doa.

Awalnya ide itu muncul sebagai solusi untuk kerumunan mahasiswa yang akan memadati surau di dalam universitas, terutama memasuki waktu Shalat Zuhur.

Pasalnya, surau di sekitar kampus tidak mampu menampung jumlah mahasiswa yang ramai. Oleh karena itu, ada sebagian siswa terpaksa pulang ke Inapan Siswa (INASIS) untuk menunaikan shalat sebelum kembali lagi ke perkuliahan

Hal itulah yang kemudian membuat ide ini muncul menjadi 'Musolla on Wheels'.


“Surau yang kita miliki tidak dapat menampung jumlah siswa sekaligus, menyebabkan beberapa dari mereka kembali ke asrama untuk berdoa sebelum kembali ke ruang kuliah.
Sangat menyadari kesulitan itu, Pusat Penginapan Pelajar (SAC) memutuskan untuk bekerja dengan Syarikat Bas Unic (perusahaan bus universitas) untuk mewujudkan hal ini,” kata direktur SAC, Roslina Abdullah sebagaimana dikutip Harian Metro

Ia menjelaskan , bus telah direnovasi dengan tempat-tempat doa yang dapat menampung sekitar 15-17 orang. Bus ini juga dilengkapi fasilitas umum seperti tangki air, pipa wuduk, AC, sandal, dan sajadah.


Musalla di atas roda ini buka mulai pukul 12.30 siang hingga 18.00 sore setiap hari, namun untuk saat ini, hanya dapat digunakan untuk pria saja Sejak didirikan musalla di atas roda ini, telah diterima respon yang baik dari para siswa.


Salah satu dari mereka menyatakan bahwasannya ini sangat berguna terutama bagi mereka yang memiliki jam kuliah.


“Saya berharap semua siswa dari UUM mendapat manfaat dari 'Musolla On Wheels' yang telah disediakan untuk kami. Dengan demikian tidak ada di antara kami yang harus melewatkan waktu shalat karena masuk kelas lagi,” katanya. (*)