News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

6 Manfaat Kunyit, Obat Alami Di Dapur Rumah Bagi Tubuh Anda

6 Manfaat Kunyit, Obat Alami Di Dapur Rumah Bagi Tubuh Anda

Kunyit (foto: net)
LifeStyle, ReksaRadio.com - Siapa yang gak kenal dengan kunyit yang sering kita jumpai didapur rumah. Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah yang mungkin banyak orang sudah tahu keberadaannya, tapi tidak tahu manfaatnya. 

Seringnya, hasil keasrian alam satu ini digunakan sebagai bumbu dapur. Padahal, ia sangat kaya manfaat lebih dari sekadar bumbu dapur lho. Inilah 7 manfaat dari kunyit yang sudah dibuktikan lewat penelitian dan sudah dipercaya sejak dulu kala!

1. Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan sifat obat yang kuat

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada kari dan telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Baru-baru ini, sains telah mulai mendukung apa yang sudah diketahui oleh orang India sejak lama, bahwa kunyit benar-benar mengandung senyawa dengan sifat obat.


Senyawa ini disebut kurkuminoid, yang dengan komponen paling penting adalah kurkumin. Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.


Namun, kandungan kurkumin dari kunyit sayangnya tidak setinggi itu jadi mengonsumsi vitamin yang mengandung kurkumin bisa sangat membantu. Kurkumin juga larut dalam lemak, jadi kamu bisa memakannya saat kamu sedang makan makanan yang penuh lemak.


2. Memiliki senyawa anti peradangan alami

Kurkumin dalam kunyit memiliki senyawa anti peradangan alami. Kadang, tubuh kita membutuhkan sedikit peradangan saat melawan bakteri-bakteri jahat. Tanpa peradangan, bakteri bisa dengan lebih mudah mengambil alih tubuh kita.


Tetapi, peradangan yang kronis berkontribusi pada banyak penyakit yang umum. Di sini kurkumin berkontribusi karena bisa menekan banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam peradangan.


3. Meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuh

Banyak gangguan otak umum telah dikaitkan dengan penurunan kadar hormon brain-derived neurotrophic factor (BDNF), termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. Menariknya, curcumin dapat meningkatkan tingkat BDNF dalam otak.


Karena itu kurkumin efektif dalam menunda atau bahkan meniadakan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Meningkatnya BDNF juga bisa meningkatkan memori dan membuat kamu lebih pintar

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa dekade dan belajar banyak tentang mengapa hal itu terjadi. Tidak mengherankan, penyakit jantung sangat rumit dan berbagai hal berkontribusi dalam munculnya penyakit jantung.


Disfungsi endotel adalah penyebab utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotheliummu untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. Di sini kurkumin bisa membantu mengurangi terjadinya penyakit jantung karena kurkumin mampu meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darahmu.


5. Kunyit bisa mengurangi (atau bahkan menyembuhkan) kanker

Ada banyak bentuk kanker yang berbeda, namun beberapa dari mereka memiliki kesamaan yaitu mereka terpengaruhi oleh keberadaan kurkumin. Curcumin telah dipelajari sebagai ramuan yang bermanfaat dalam pengobatan kanker dan telah ditemukan mampu mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler. 


Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin juga bisa berkontribusi pada kematian sel kanker dan mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor) dan metastasis (penyebaran kanker).

6. Kurkumin bisa menunda gejala penuaan dan melawan penyakit kronis yang berhubungan dengan usia

Kurkumin yang bisa membantu mencegah penyakit jantung, alzheimer dan bahkan kanker tentu memiliki manfaat yang jelas untuk umur yang panjang. Karena itu, kurkumin juga telah menjadi sangat populer sebagai suplemen anti-penuaan.


Tetapi sekali lagi ingat, dosis kurkumin yang dibutuhkan cukup tinggi untuk hal ini dan tidak bisa hanya dengan mengonsumsi kunyit. Suplemen yang mengandung kurkumin dibutuhkan di sini.


Jadi sekarang sudah tahu kan manfaat ilmiah dari si kuning kunyit? Manfaat terbesar dari kunyit berada dalam komponen di dalamnya yang bernama kurkumin dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mencari vitamin-vitamin yang mengandung kurkumin.

Nah buat Juragan Reksa yang sibuk bekerja ataupun malas mengolahnya dari kuning kunyit. Sekarang kandungan kurkumin sudah ada di dalam Bio 7 yang mudah dan praktis.


Bahkan di dalam Bio 7 dilengkapi bahan-bahan rempah lainnya yang khasiatnya luar biasa. Selain itu Bio 7 berfungsi untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh anda dalam mengantisipasi virus corona yang sedang merebak saat ini.


Lalu bagaimana cara mendapatakan Bio 7..? Bio 7 bisa anda dapatkan di Radio Reksa.

Atau menghubungi Mak Reni
Phone/WA : 0813-8686-8000
Atau melalui pesan sosmed Reksa Radio
Fans Pages FB : @reksaradio
Twitter : @reksa_radio
Instagram : @reksafmpwk

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment