Selain Manggis, Keramik Plered Jadi Andalan Ekspor Purwakarta

Keramik Plered (foto: net)
Purwakarta, ReksaRadio.com - Keramik Plered di Purwakarta telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sentra kerajinan keramik yang memiliki daya tarik dari sisi keindahan sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu kini Keramik Plered sudah dikenal di sejumlah negara.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, selama ini Litbang Keramik Plered memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar maupun dalam kota. Terutama, pelajar yang ingin mengetahui cara dan teknik pembuatan kerajinan kriya.

"Selain sebagai sarana penelitian, litbang ini juga menjadi lokasi wisata edukasi. Di lokasi ini, pengunjung juga bisa sekaligus belajar cara membuat berbagai kerajinan kriya. Kebanyakan, yang datang itu pelajar," kata Ambu Anne, dalam rilis Jumat (21/2/2020).

Dengan adanya Litbang Keramik Plered sebagai sarana wisata dan edukasi, ia berharap kerajinan kriya khas Purwakarta ini bisa lebih dikenal luas dan disukai para generasi muda.

"Sehingga, kedepan ada regenerasi para pembuat kerajinan tangan tersebut," ujarnya.

Sementara, Penjabat Kepala Desa Anjun, Mulya Sepa mengatakan, pengrajin keramik di wilayahnya banyak menghasilkan produk keramik pada jenis fungsi dan hias.

"Mulai dari perlengkapan rumah tangga, pot bunga hingga hiasan dan kerajinan. Ada yang berbentuk hewan, buah–buahan, bola dan aneka guci," kata Pjs Kades Anjun.

Ia juga mengatakan, pihaknya mendorong agar para perajin gerabah keramik di Desa Anjun terus melakukan inovasi dan desain untuk mengikuti tren dan permintaan pasar. Tentunya hal itu, atas dasar bimbingan dari Balai Keramik Plered atau kini lebih dikenal dengan UPTD Sentra Keramik Plered.

"Selain desain bentuk, pengrajin juga terus berinovasi dalam teknik pewarnaan dan finishing terlebih untuk keramik dengan target pemasaran ke luar negri atau untuk diekspor," katanya.