News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Kenapa Habis Makan Mata Kita Jadi Suka Mengantuk?

Kenapa Habis Makan Mata Kita Jadi Suka Mengantuk?


LifeStyle, ReksaRadio.com - Pasti diantara kita sering merasakan habis makan mata jadi suka mengantuk. Hal itu siapapun pasti pernah atau bahkan sering merasakannya. Kira-kira apa penyebabnya?

Rasa kantuk yang menyerang ini bukan hanya terjadi setelah makan siang, namun bisa juga seusai sarapan pagi.


Banyak orang berpendapat bahwa hal tersebut disebabkan penyakit yang ada di dalam tubuh seseorang. Sebagian orang menyatakan orang yang habis makan mata jadi mengantuk didiagnosis mengidap penyakit gula. 


Apakah hal tersebut benar?

Berdasarkan penjelasan ilmiah yang disampaikan oleh Dr dr Fatimah Elian, seorang konsultan metabolik endokrin mengatakan bahwa mata yang mengantuk seusai makan atau sarapan bukanlah sebuah penyakit.



Mata jadi mengantuk setelah makan disebabkan organ pencernaan sedang aktif bekerja mencerna makanan dan mengakibatkan otak dan jantung menjadi kekurangan oksigen.

“Begitu selesai makan, yang dimakan masuk pencernaan, yang aktif organ pencernaan. Organ pencernaan aktif, otak dan jantung sedikit kekurangan oksigen, makanya mengantuk,” katanya dilansir Antara.


Selain itu katanya, penyebab rasa mengantuk tersebut adalah asupan makanan yang berlebihan. Khususnya makanan yang mengandung karbohidrat.

Selain makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan, makanan berlemak tinggi juga dapat memicu hal yang sama.


Lantas bagaimana caranya agar setelah makan mata tidak mudah mengantuk?


Dokter Eliana mengatakan biar tidak mengantuk usai makan, sebaiknya lakukan beberapa aktivitas fisik. Jangan langsung duduk.

Lakukan hal ringan seperti jalan-jalan agar karbohidrat dan zat gizi yang masuk bisa disalurkan ke bagian tubuh yang lain.


Sementara itu, dokter spesialis gizi dr Samuel Oetoro juga mengatakan rasa kantuk usai makan terjadi karena perut merasa kekenyangan.


Kondisi ini dinamakan food coma. Ini terjadi usai makan nasi. Ia mengatakan usai makan nasi biasanya kadar gula darah melonjak kemudian turun secara drastis sehingga menyebabkan kantuk.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.