News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Ini 5 Kesalahan Tak Terduga Saat Minum Air

Ini 5 Kesalahan Tak Terduga Saat Minum Air


LifeStyle, ReksaRadio.com - Minum air rasa-rasanya hal yang mudah, tapi yakin cara yang Anda lakukan sudah tepat? Nyatanya masih ada beberapa hal kurang tepat yang kita lakukan saat minum air.

Agar manfaat air bagi tubuh jadi maksimal, hindari pemahaman yang kurang tepat berikut seperti dilansir laman Prevention.

1. Minum air ketika sudah menjalani olahraga

Sebaiknya sebelum olahraga minum air terlebih dahulu. Paling tidak satu gelas air sekitar satu atau setengah jam sebelum mulai berolahraga seperti diungkapkan trainer asal New York, Larysa DiDio.

2. Minum air 8 gelas per hari

Kebutuhan hidrasi tiap orang berbeda-beda, tergantung pada ukuran dan berat badan seseorang, namun kerap kali semua dipatok rata minum delapan gelas per hari. Menurut dokter Maya Setyawati, MKK, SpOk asupan cairan seseorang dengan aktivitas ringan cukup 2,5 liter per hari dan asupan air sekitar 2 liter air putih per hari sudah bisa dikatakan optimal.

Lalu, kandungan air tak hanya didapatkan dari air minum saja tapi juga makanan seperti buah dan sayur.

3. Menghindari minum kopi dan teh

Banyak yang meyakini kopi dan teh dapat menyebabkan dehidrasi karena kandungan kafeinnya. Namun, hal tersebut hanya mitos seperti diungkapkan ahli gizi asal New York, Lisa Cashman.

"Kafein pada kopi dan teh bisa menyebabkan diuretik -yang menyebabkan kekurangan cairan- tapi cairan yang di dalam minuman tersebut sebenarnya memberikan asupan cairan ke tubuh," terangnya.

4. Frekuensi minum tak menentu

Biasakan minum secara teratur. Saat Anda tak haus pun Anda tetap butuh minum, misalnya saat bekerja di depan komputer dan di ruangan ber-AC. "Saat duduk di meja kerja Anda juga butuh minum, bukan hanya saat berolahraga," terang Gans.

Minum air putih secara teratur merupakan cara untuk menghindari batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

5. Bingung antara kebutuhan air dan makan

Banyak orang yang bingung antara kebutuhan air dan pangan. Namun Gans menyarankan untuk mengiringi makan dengan minum. Salah satunya minum air sebelum makan berfungsi memastikan rasa lapar yang sebenarnya. Selain itu, pastikan saat bangun tidur langsung minum.

Semoga Artikel ini Bermanfaat..

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment