News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Ini 10 Tips Menikmati Hari Minggu yang Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif

Ini 10 Tips Menikmati Hari Minggu yang Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif


LifeStyle, ReksaRadio.com - Tips Menikmati Hari Minggu memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang, baik itu pekerja ataupun mahasiswa. Berbicara soal akhir pekan, tentu akan selalu dikaitkan dengan hari minggu yang merupakan awal dari akhir pekan. Banyak yang memanfaatkan awal akhir pekan ini untuk berisitirahat di rumah memanjakan diri, dan ada pula yang memanfaatkannya untuk pergi berlibur bersama keluarganya. Semua hal tentu bisa kamu lakukan di awal akhir pekan.

Namun, terkadang tidak semua orang memilih memanfaatkan waktu luangnya di hari minggu dengan kegiatan yang produktif. Banyak dari mereka yang malah semakin boros dalam keuangan karena melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Padahal, memanfaatkan waktu di awal akhir pekan juga bisa loh dilakukan dengan hal yang lebih produktif dan tentunya tidak akan membuat kamu lebih boros. Ingin menjadi salah satu dari mereka yang bisa menikmati hari minggu dengan kegiatan lebih produktif? 


Berikut ReksaRadio.com berikan tips-tipsnya!

Tips Menikmati Hari Minggu Agar Lebih Produktif

1. Mengembangkan Bakat

Setiap orang tentu memiliki bakatnya masing-masing. Namun, ada pula banyak orang yang belum mengetahui bakat mereka sendiri. Nah, untuk bisa memunculkan bakat ini tentu saja perlu diasah. Ada banyak sekali cara untuk bisa mengembangkan bakat, tapi yang paling harus kamu lakukan adalah tentukan pilihan kamu dari sekarang. Apabila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengasah bakat yang ada, kamu bisa mencoba untuk mengikuti beberapa workshop yang diadakan. Nantinya dengan mengikuti workshop ini kamu akan diberikan dukungan untuk mengembangkan bakat yang ada.


2. Membersihkan Rumah

Ketika di hari-hari kerja kamu tidak sempat mendadani rumahmu dengan maksimal, kini saatnya manfaatkanlah hari Minggu kamu untuk hal yang satu ini. Mungkin untuk membuat tampilan rumah kamu lebih cantik, kamu bisa memulainya dengan membersihkan rumah yang mungkin masih dalam keadaan berantakan. Nah, setelah itu coba perhatikan isi rumahmu dan lihatlah. Terlihat lebih berbeda bukan? Dengan keadaan rumah kamu yang seperti itu, kamu tentu akan lebih betah tinggal di rumah bukan?


3. Berolahraga

Jika kamu tidak sempat berolahraga di hari biasa, maka gunakan sedikit dari 24 jam yang ada di hari minggu ini untuk melakukan olahraga. Perlu diingat bahwa olahraga rutin ini adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan. Semakin sehat dan bugar tubuh kamu, maka semakin produktif pula kamu melakukan pekerjaan di hari kerja. Untuk kamu yang tinggal di apartemen, biasanya tersedia sederetan fasilitas yang mendukung kamu untuk berolahraga.


4. Melakukan Hobi

Hobi merupakan suatu kegiatan yang sebenarnya sangat disukai dan ingin sekali dilakukan oleh setiap orang. Namun, terkadang dikarenakan pekerjaan yang menumpuk tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk bisa melakukan hobbinya. Hari minggu tentu bisa menjadi salah satu waktu yang tepat untuk kamu melakukan hobimu.


Nah, jauh lebih baik lagi jika hobi kamu ini bisa dikomersilkan! Banyak loh sekarang hobi yang bisa menghasilkan uang, contohnya saja seperti fotografi. Di hari minggu, kamu bisa hunting foto dan kemudian hasil fotonya bisa kamu jual secara online. Menarik bukan? Anggap saja hobi ini bisa menjadi salah satu pekerjaan freelance. Kamu pun tak perlu repot-repot lagi mencari lowongan kerja freelance lagi.


5. Jangan Habiskan Waktu di Tempat Tidur

Cobalah mulai hari dengan bangun pagi, namun dalam suasana yang berbeda karena kamu juga tidak akan masuk kerja. Nikmati sarapan dengan tenang dan tidak terburu-buru atau bahkan kamu bisa berulang kali memandang jam tangan pada saat melakukannya. Nikmati juga udara pagi yang segar dan habiskan pagi hari kamu dengan menyenangkan bersama keluarga.


6. Memulai Bisnis

Ketika hari minggu datang menyapa, mungkin bisa kamu manfaatkan untuk mulai memikirkan soal bisnis. Tentu saja kamu lelah bukan menjadi budak korporat yang harus bekerja di kantor melulu? Nah, menjadi pebisnis akan menjadi solusi yang sangat tepat. Kamu bisa memulai untuk membicarakan soal bisnis ini dengan saudara, suami, atau teman terdekat yang juga memiliki minat yang sama dalam dunia bisnis. Mulailah untuk membuka bisnis yang unik dan beda dari yang lainnya ya!


7. Menata Kembali to-do-list

Aktivitas sehari-hari yang kamu jalani memang selalu bikin kamu pusing. Berbagai tuntutan tugas kantor yang harus cepat diselesaikan berhasil membuat kamu kerepotan mengatur jadwal. Oleh karena itu, coba deh tata kembali to-do-list kamu di hari senggang seperti di hari minggu agar tahu mana yang menjadi prioritas. Nah kamu bisa nih menerapkan prinsip Pareto Principle, yaitu waktu lebih berharga dari uang. Fokuslah mencari cara agar dengan waktu yang sedikit, produktivitas yang kamu hasilkan bisa maksimal. Dengan usaha sebesar 20%, kamu harus bisa menghasilkan hasil berlipat ganda sebanyak 80%. Dengan begitu 100% waktumu bisa efektif kamu manfaatkan.


8. Perbanyak Membaca Buku

Semua orang tahu bahwa buku merupakan jendela dunia. Meskipun kamu tidak terlalu gemar membaca, namun tak ada salahnya juga kan kamu memulai membaca beberapa buku menarik di waktu senggangmu? Tanpa kamu sadari, kamu bisa memperoleh banyak ide nantinya untuk melakukan beberapa kegiatan produktif lainnya. Kamu bisa memilih buku yang menyenangkan terlebih dahulu, seperti buku tentang traveling, atau pun buku-buku fiksi. Waktu senggangmu akan jauh lebih berharga jika diisi dengan membaca buku daripada hanya bermalas-malasan.


9. Hari Anti Gadget

Terkadang mungkin kamu tidak sadar, bahwa gadget sering membuang-buang waktu kamu untuk menikmati indahnya hari libur. Karena sosial media saat ini sudah sangat menjamur dan bahkan seolah tidak bisa lepas dari fikiran dan hati setiap orang. Tapi cobalah untuk tidak menyentuh gadget hanya satu hari saja. Dengan begini, kamu mungkin akan merasakan sedikit indahnya kehidupan tanpa gadget meskipun hanya satu hari saja.


10. Jangan Sentuh Pekerjaan

Ada banyak orang yang menghabiskan hari minggu dengan cara mengerjakan berbagai urusan/pekerjaan kantor yang dibawa ke rumah. Hal seperti ini tentu sangat menyedihkan bukan? Padahal kamu tidak harus melakukannya, bukan? Setelah sepanjang hari dalam seminggu bekerja, maka di hari minggu cobalah untuk enyahkan sejenak pekerjaan kamu di kantor, dan kamu pun tidak perlu merasa bersalah dengan mengabaikannya sejenak.


Kalau bisa jangan membawa pekerjaan kantor pulang ke rumah, hindari sejenak membuka email atau urusan lainnya mengenai pekerjaan. Katakan pada diri kamu sendiri bahwa 5 atau 6 hari yang sudah kamu habiskan untuk bekerja telah cukup dan menjadi hari yang baik untuk kamu habiskan dalam bekerja. Setelah itu gunakan hari minggukamu sebagai hari libur penuh untuk kamu dan keluarga.


Nah, barusan tadi ReksaRadio.com telah memberikan tips untuk menikmati hari minggu dengan lebih produktif. 
Namun, jangan juga jadikan hari minggu kamu hanya untuk berisitirahat saja, jadikanlah hari tersebut sebagai hari yang lebih produktif dengan merencanakan bisnis, atau lebih mengasah bakat dan passion yang dimiliki. Siapa tahu, dengan begitu hidup akan lebih baik dari sekarang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment