D'Masiv Cover Lagu Sakral Almarhum Chrisye "Kala Sang Surya Tenggelam"


Band D’Masiv merilis sebuah single yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi Chrisye berjudul “Kala Sang Surya Tenggelam” yang dirilis tahun 1978 dalam album ‘Sabda Alam’. Lagu yang dikenal memiliki lirik penuh makna ini bercerita tentang cinta sepasang kekasih yang sedang kehilangan arah.

“Kalau bagi kami lagu ini sakral ya, lagu ‘Kala Sang Surya Tenggelam’ merupakan salah satu lagu cinta terbaik yang ada di Indonesia. Saya sendiri waktu take vocal sempat berkaca-kaca saat nyanyi, karena lagu ini bagus banget dan bikin merinding. Kami seperti punya tanggung jawab untuk membawakan lagu ini dengan benar dan dengan vokal yang penuh penjiwaan”, jelas Rian.

Menurut D’Masiv, sosok Guruh Sukarno Putra merupakan maestro dan legenda hidup musik Indonesia yang memiliki kontribusi yang sangat luar biasa. “Karyanya Mas Guruh bagus-bagus dan perlu dicontoh, sebab banyak karyanya yang tetap mempertahankan budaya Indonesia. Bahkan kami pun sempat bingung untuk memilih lagu yang akan dirilis kembali”, tambah Rian.

Untuk mempertahankan nuansa syahdu di lagu “Kala Sang Surya Tenggelam” ini D’Masiv mengaku tak banyak mengubah aransemen musiknya, sebab D’Masiv ingin mengkombinasikan nuansa lagu versi asli dengan ciri khasnya D’Masiv tanpa menghilangkan esensi dari lagu ciptaan Guruh Sukarno Putra tersebut.

Lagu “Kala Sang Surya Tenggelam” mulai bisa dinikmati diseluruh digital music platform dan juga youtube channel Musica Studios 28 Februari 2020. Untuk music video lagu “Kala Sang Surya Tenggelam” sendiri D’masiv mengusung konsep surealis dengan menggandeng sutradara Upie Guava.

“Semoga lagu ‘Kala Sang Surya Tenggelam’ ini bisa menjadi penyambung mata rantai penikmat musik Indonesia, mungkin yang tadinya gak tahu lagu ini jadi tahu karena D’Masiv bawain lagunya atau yang sudah tahu jadi makin suka dan men-support dengan download yang original dan legal”, tutup Rian.