Berikut Tips Membuat WhatsApp Menjadi Lebih Aman


Tekno, ReksaRadio.com - Jumlah pengguna WhatsApp sudah tembus 2 miliar. Layanan perpesanan milik Facebook ini pun berkomitmen untuk terus melindungi privasi pengguna dengan fitur keamanan di dalamnya.

WhatsApp dilengkapi fitur enkripsi end-to-end. Berbekal teknologi enkripsi itu, orang lain selain Anda dan penerima tidak akan bisa melihat percakapan atau isi konten yang dikirimkan.

Di luar enkripsi end-to-end, WhatsApp sebenarnya menyediakan fitur keamanan tambahan untuk menjaga privasi penggunanya. Nah, berikut ini fitur-fitur yang dapat digunakan supaya WhatsApp lebih aman.

1. Verifikasi Dua Langkah


Verifikasi Dua Langkah memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan Anda memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp. Fitur ini dapat membantu mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp apabila kartu SIM dicuri atau nomor rusak.

Mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah sangat mudah. Anda bisa menemukannya di dalam tab Akun yang ada pada pengaturan WhatsApp.

2. Privasi Profil


Pengguna WhatsApp mempunyai kewenangan mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan dengan orang lain dalam profil di WhatsApp. Beruntung, WhatsApp memungkinkan Anda memutuskan dengan siapa ingin berbagi informasi profil, apakah untuk semua orang, daftar kontak, atau tidak ke siapa-siapa.

Anda dapat membatasi fitur Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang (About) dan Status dalam pengaturan privasi di WhatsApp Anda.

3. Pengaturan Privasi Grup


Dijelaskan dalam keterangan kepada iNews.id, Minggu (15/2/2020), pengaturan privasi grup memungkinkan Anda mengontrol siapa saja yang dapat menambahkan Anda ke dalam grup WhatsApp. Alhasil, Anda dapat memilih obrolan dari grup mana yang diinginkan.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu membuka pengaturan, lalu tap Akun>Privasi>Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi yang disediakan yakni 'Kontak Saya Kecuali,' 'Kontak Saya,' atau 'Semua Orang.'

4. Kunci WhatsApp dengan Touch ID atau FaceID


WhatsApp telah menawarkan penggunanya lapisan keamanan tambahan terhadap akunnya melalui Touch ID dan FaceID untuk iPhone. Di Android, Anda bisa memberikan lapisan keamanan tambahan dengan sidik jari.

5. Perbarui Aplikasi Secara Teratur


WhatsApp senantiasa bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan untuk para pengguna. Oleh karena itu banyak pembaruan yang melibatkan fitur keamanan baru lebih baik.

Guna memastikan standar keamanan Anda selalu terjaga, pastikan WhatsApp diperbarui ke dalam versi terkini yang telah tersedia. Jika smartphone tidak mempunyai opsi pengaturan pembaruan aplikasi secara otomatis, maka Anda harus melakukannya secara manual. Caranya, kunjungi toko aplikasi seperti Play Store dan App Store pada smartphone lalu cari kata WhatsApp dan klik Perbarui.

Sebagai tambahan, pastikan juga sistem operasi Anda selalu diperbarui untuk mendapatkan perlindungan keamanan terbaru dari Apple atau Google.