News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Asal Mula Mie Aceh dan Jenisnya

Asal Mula Mie Aceh dan Jenisnya


Purwakarta, ReksaRadio.com - Selain dikenal memiliki banyak sekali keragaman budaya, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan makanan khasnya, salah satunya adalah Mie Aceh. Bahkan Indonesia ini dikenal sebagai surganya kuliner.


Nama itu memang sangat pantas untuk Indonesia. Terbukti setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki beragam ciri khas makanannya masing-masing. Bahkan Anda tidak hanya akan menemukan satu jenis menu makanan khas saja, namun suatu daerah bisa memiliki beberapa jenis kuliner khas yang disesuaikan dengan adat dan juga budayanya. 


Apa itu Mie Aceh?

Dalam proses pembuatannya, Mie Aceh ini menggunakan mie yang khas yang berbentuk tebal dan pipih. Untuk warna mienya cenderung berwarna kuning cerah, sehingga akan menambah keindahan pada hidangan mie Aceh ini. Untuk bumbu yang digunakan adalah semacam kare yang merupakan bumbu khas yang dapat memberikan cita rasa yang khas juga.


Dalam penyajiannya, mie Aceh ini umumnya disajikan dalam tiga jenis, yaitu mie goreng kering, mie goreng basah, dan mie goreng kuah. Sedangkan untuk daging yang digunakan sebagai campurannya bisa dosesuaikan dengan selera Anda.


Asal Mula Munculnya Mie Aceh


Selain memiliki keragaman adat dan budaya, Aceh jiga dikenal memiliki sederet makanan khas. Banyak sekali kuliner khas asli dari Aceh ini. Dan salah satunya yang sangat terkenal adalah mie Aceh.


Meskipun saat ini sudah sangat terkenal, namun ternyata tidak ada yang tahu persis asal usul dari mie Aceh sendiri. Bahkan di dalam buku-buku sejarah Aceh, tidak ada yang bercerita terkait dengan mie Aceh ini.

Meskipun demikian, ada juga yang bilang jika mie Aceh ini merupakan kombinasi dari Aceh, India, dan juga Cina. Yang mana mie berasal dari Cina, India yang merupakan pencetus kari yang kental dan Aceh dengan bahan-bahan yang sangat kaya akan bumbu sehingga pada akhirnya terciptalah kombinasi pas yang dinamakan mie Aceh ini.

6 Macam Mie Aceh


Perlu Anda tahu, bahwa mie Aceh ini dalam penyajiannya juga berbeda-beda. Jika Anda pernah makan mie Aceh, versi yang mana yang pernah Anda makan? Bahkan mie Aceh ini sebenarnya banyak sekali macamnya.


Memangnya apa saja macamnya? Di bawah ini merupakan 6 jenis mie Aceh yang wajib untuk Anda coba rasakan kelezatannya:


1. Mie Aceh Tumis


Mie Aceh tumis ini adalah jenis mie Aceh yang paling sering dihidangkan pada saat Anda memesan mie Aceh. Tidak percaya? Coba saja Anda sekali waktu pesan mie Aceh tanpa menyebutkan secara spesifik jenisnya, sudah pasti jenis mie Aceh yang akan diantarkan ke meja Anda adalah jenis mie Aceh tumis ini.


Seperti dengan namanya, mie Aceh tumis ini dibuat kering seperti halnya tumisan. Jadi saat memasak air yang dimasukkan juga sangat sedikit. Jadi mie akan menjadi kering. Namun ternyata dengan teknik masak seperti ini malah membuat semua bumbu khas mie dari ujung Sumatera yang satu ini semakin terasa.


2. Mie Aceh Goreng Basah


Sebenarnya tidak beda jauh dengan mie Aceh tumis, mie Aceh goreng basah ini yang membedakannya adalah pada saat memasaknya air yang digunakan sedikit diperbanyak. Jadi lebih menyerupai dengan mie tumis yang ada kuahnya.


Mie Aceh goreng basah ini sangat pas bagi Anda penyuka mie berkuah namun kuahnya tidak terlalu banyak. Dan mie Aceh goreng basah ini juga sering disebut dengan gorbas alias goreng basah.


3. Mie Aceh Rebus


Untuk mie Aceh rebus ini tentunya sangat cocok bagi Anda penyuka makanan berkuah. Pada saat memasakknya, air dan juga bumbu yang dimasukkan lebih banyak lagi. Maka dari itu meskipun banyak kuahnya, dari segi rasa juga masih tetap terpelihara.


4. Mie Aceh Kepiting


Untuk mie Aceh kepiting ini biasanya kepiting dengan ukuran besar dimasukkan dengan mie Aceh, bisa mie Aceh gorang, gorbas, dan rebus. Jadi bisa disesuaikan dengan selera Anda tentunya.


5. Mie Aceh Daging


Anda juga bisa meminta penjual mie Aceh untuk menambahkan daging dalam campuran mie Aceh yang Anda pesan. Jadi benyak tidaknya daging, tergantung dari pesanan dari pembeli. Namun sebenarnya di dalam mie Aceh sudah dicampuri dengan daging, meskipun dalam jumlah yang tidak terlau banyak. Untuk menambah kelezatan dari mie Aceh yang Anda pesan, mintalah dagingnya diperbanyak.


6. Mie Aceh Udang Cumi


Bagi pecinta olehan seafood, mie Aceh udang cumi ini bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda. Namun bagi Anda yang menderita asam urat jangan coba-coba untuk memesan mie Aceh jenis yang satu ini.


Meskipun tidak ada informasi pasti dari asal usul mie Aceh ini, jika dilihat dari karakternya bisa dikatakan jika mie Aceh ini adalah kuliner kombinasi dari tiga negara, yakni Cina untuk mienya, India untuk kare kentalnya, dan Aceh untuk bumbu mienya.


Nah, buat Juragan Reksa yang ingin mencoba mencicipi mie Aceh, tidak usah jauh-jauh datang ke Aceh. Cukup datang ke Kedai Mie Aceh Citra Rasa di Jl. Raya Sadang-Subang (depan Mesjid Al Falah).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.