10 TAHUN PERJALANAN, GOVINDA WUJUDKAN "HAL HEBAT"


10 tahun bukanlah waktu yang singkat dalam menjaga keutuhan sebuah band. Butuh kekompakan, kerja keras dan kecintaan terhadap pilihan dalam mewujudkan sebuah impian dan tujuan. GOVINDA merupakan salah satu grup band Indonesia yang mampu menjaga konsistensinya sejak terbentuknya pada 7 Oktober 2008 silam, saat itu masih mengusung nama DOMINO. Band yang beranggotakan IFAN (Vocal), ADE (Guitar), LUKI (Bass) dan JEJE (Drum) ini merayakan 10 tahun perjalanan mereka dengan mewujudkan salah satu mimpi besarnya yaitu rekaman single terbaru yang bertajuk HAL HEBAT di Abbey Road Studios, London.

Studio ini merupakan salah satu studio rekaman di dunia yang menjadi saksi tempat lahirnya band legendaris, The Beatles. Mengusung tema cinta, HAL HEBAT bercerita tentang rasa syukur telah memiliki seseorang yang mencitai dengan sempurna, bersinergi dengan kebersamaan mereka sebagai sebuah band, yang terjalin harmonis hingga sekarang. 10 Tahun dalam berkarya juga mendasari GOVINDA untuk mempersiapkan single ini lebih matang, lebih dewasa dalam memilih kata dan alunan musiknya. Butuh waktu cukup lama dalam menentukan judul dan sempat beberapa kali revisi liriknya. 

Proses rekaman single GOVINDA dipegang langsung oleh Chris Bolster seorang Engineer yang pernah bekerjasama dengan Paul McCartney, Maroon 5, Placebo, Coldplay, FooFighters dll. Kesempatan baik inipun tak disia-siakan GOVINDA, secara sound mereka benar-benar memikirkan dan mengutamakan kualitas audio berkelas internasional untuk single ini, sehingga urusan mixing pun dipercayakan pada Chris Bolster, sedangkan mastering digarap oleh Christian Wright yang juga pernah memastering lagu-lagu Ed Sheeran, Franz Ferdinand, Keane, Blur, dll. 

Secara keseluruhan, GOVINDA ingin menyuguhkan yang terbaik di 10 tahun perjalanannya, khususnya untuk GO MANIA (Sebutan untuk fans GOVINDA) yang selalu setia menjadi penyemangat dalam berkarya. Untuk urusan visual, Music Video dari lagu HAL HEBAT ini dipercayakan pada Tb Elvan yang mengemasnya dengan sebuah story yang menawan, memadukan musik medium tempo dengan latar 2 negara berbeda yaitu Brunei & London. 

Berbagai tanggapan positifpun dilontarkan oleh musisi-musisi senior Indonesia yang mendengarkan single ini sebelum dirilis, yang secara berkala diposting GOVINDA melalui akun instagramnya @govindaofficial Semoga rilisnya single ini bukan hanya menjadi bagian dari perwujudan mimpi Govinda, tapi merupakan sebuah langkah untuk naik ke tahap selanjutnya, serta menghidupkan kembali gairah, spirit dan mimpi besar band-band di Indonesia.