News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

Konsumsi Berlebihan Makanan Enak Memicu Penuaan Dini

Konsumsi Berlebihan Makanan Enak Memicu Penuaan Dini


Lifestyle, ReksaRadio.com - Mengkonsumsi makanan enak memang menyenangkan. Tetapi sebaiknya jangan konsumsi secara berlebihan. Meski enak, makanan tersebut bisa berisiko untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa memicu penuaan dini.

Melansir dari Dokter Sehat, berikut makanan enak yang bisa membuat kita terlihat cepat tua?

1. Makanan manis
Makanan manis seperti kue, biskuit, dan berbagai makanan yang kaya kandungan gula lainnya bisa membuat tubuh mengalami glikasi, kondisi dimana tubuh mendapatkan asupan gula berlebihan dari yang bisa diproses oleh sel tubuh. Molekul gula yang tersisa akhirnya akan berkombinasi dengan protein dan memicu proses glikasi yang menghasilkan beberapa jenis protein yang memicu peradangan dan penuaan dini pada kulit.

2. Daging gosong
Makanan yang dibakar seperti sate atau daging bakar memang memiliki rasa yang nikmat, khususnya pada bagian yang sedikit gosong atau menghitam. Yang menjadi masalah adalah, bagian daging yang gosong ini memiliki kandungan hidrokarbon pro inflamasi yang bsia memicu peradangan dan pecahnya kolagen pada kulit. Hal ini akan membuat kulit menjadi tidak sehat dan cepat tua.

3. Lemak trans
Makanan yang kaya akan lemak trans atau lemak tak jenuh layaknya ayam tepung dan makanan cepat saji lainnya bisa membuat kulit kehilangan kelenturannya. Tak hanya itu, lemak trans juga akan membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan akhirnya membuat kulit tidak ternutrisi dengan baik dan berimbas pada penuaan dini.

4. Makanan asin
Makanan yang kaya akan kandungan garam membuat tubuh lebih mudah terkena dehidrasi. Hal ini bisa berimbas pada kulit yang lebih mudah terlihat kusam dan lelah.

5. Minuman berenergi dan beralkohol
Minuman berenergi kaya akan kandungan gula yang bisa memicu penuaan dini. Sementara itu, minuman beralkohol akan membuat penurunan fungsi hati. Padahal, hati memiliki peran besar dalam membuang racun dari dalam tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Itulah lima minuman dan makanan enak yang bisa memicu penuaan dini. Jika tak ingin mengalami masalah kecantikan ini, ganti makanan di atas dengan makanan yang lebih sehat. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.