News Reksa Radio
> Live
wb_sunny

Breaking News

APA SAJA YANG BOLEH DIMAKAN DAN TIDAK SAAT FLU?

APA SAJA YANG BOLEH DIMAKAN DAN TIDAK SAAT FLU?


Lifestyle, ReksaRadio.com - Penyakit influenza kerap terjadi saat musim hujan. Saat inilah Anda perlu persediaan makanan dan minuman yang akan membuat Anda prima kembali.

Ketika sakit, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori agar kembali normal. Tubuh juga harus bekerja lebih keras dari biasanya ketika sakit agar bisa melawan infeksi, terutama dengan demam. Agar semua berjalan efekti, tubuh perlu mempertahankan tingkat energi yang lebih tinggi.


Selain itu sangat penting untuk makan teratur karena mengonsumsi lebih sedikit kalori dari biasanya bisa membatasi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan. Bahkan penelitian menunjukkan sedikit makan saat sakit tak hanya meningkatkan kerentanan terhadap flu, tapi juga memperburuk gejala dan memperpanjang durasi sakit.


Yang bisa dilakukan agar flu sembuh adalah minum banyak cairan dan makan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sakit seperti dikutip Huffingt :


1. Sup ayam


Sup ayam benar-benar bisa membantu saat flu. Ayam mengandung asam amino yang disebut sistein yang membantu mengencerkan lendir di paru-paru, dan kaldu panas membantu menjaga hidung lembab, mencegah dehidrasi dan melawan peradangan di tenggorokan. Plus bahan-bahan lain bisa membantu tubuh mengatasi flu dengan menghentikan mampet dan peradangan.


2. Teh panas


Cairan hangat bisa menenangkan sakit tenggorokan dan mengurangi mampet. Cobalah menyeduh minum teh hijau yang kaya antioksidan untuk melawan infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Air panas dengan lemon juga bagus agar tetap terhidrasi sambil membantu mengatasi hidung tersumbat.


3. Buah jeruk


Ini adalah mitos bahwa vitamin C bisa menyembuhkan pilek dan tidak ada banyak bukti ilmiah di balik teori bahwa vitamin c akan mengurangi lamanya atau keparahan pilek.
Namun, buah jeruk mungkin bukan obat semuanya, tapi lapisan lembut berwarna putih di kulit jeruk, lemon, dan jeruk bali serta jeruk nipis mengandung flavonoid yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan.


4. Makanan pedas


Makanan pedas bisa membuat hidung kita mengalir dan mata berair, tapi makanan pedas juga sebagai dekongestan alami yang efektif. Konsumsi cabai, wasabi bisa membantu meringankan hidung tersumbat.


Makanan yang Dihindari


Selain makanan yang bagus dikonsumsi, ada juga makanan yang harus dihindari saat Anda flu:


1. Makanan pedas dan asam


Meski makanan pedas bagus untuk hidung tersumbat, tapi juga kasar di perut sehingga menyebabkan lebih sakit dan tak nyaman.


2. Gula dan lemak


Asupan yang kaya gula bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan. Makanan yang tinggi lemak juga bisa sulit dicerna dibandingkan karbohidrat dan protein, dan bisa memicu sakit.


3. Susu


Banyak yang percaya mengonsumsi susu bisa meningkatkan produksi lendir yang memperburuk hidung tersumbat.


Namun, penelitian saat ini menunjukkan bahwa ini sebenarnya mungkin karena efek plasebo. Tapi, terlepas apakah susu benar-benar membuat banyak lendir, minum susu bisa menciptakan perasaan lendir menjadi tebal sehingga tak ada salahnya menghindari susu saat sakit.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.